Wabup Natuna Hadiri Giat IKBB “Bolek Kampong”

IMG_20170902_233300
Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti

Natuna (Marwahkepri.com) – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti memenuhi udangan  malam keakraban dan silaturrahmi Ikatan Keluarga Bunguran Barat (IKBB), pada Sabtu (02/09/2017). Kegiatan dilaksanakan di Balai Astaka, Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat.Acara bertajuk “IKBB Bolek Kampong” ini dihadiri Ketua IKBB Wan Sofian, Wakil Ketua DPRD Daeng Amhar, Dandim 0318 Natuna Letkol (Inf) Ucu Yustiana, OPD, Camat Bunguran Barat Ferizaldy, dan ribuan masyarakat Sedanau.

Bolek Kampong artinya balik kampung, sudah menjadi tradisi pada setiap hari besar Islam, seperti perayaan idul fitri dan lebaran qurban (Idul Adha).

Giat bolek kampung jilid 2 ini dimulai sekitar pukul 20.30 WIB, diawali dengan tarian persembehan sebagai ucapan selamat datang kepada Wabup dan tetamu yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan atraksi “Suluk”.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengapresiasi masyarakat Bunguran Barat, khususnya pencetus kegiatan balek kampung. Banyak manfaat dari kegiatan tersebut, namun harus ada sesuatu yang dibawa.

Ngesti menilai Bunguran Barat memiliki potensi luar biasa, baik dari sektor kelautan, perikanan, pariwisata dan potensi lainnya. Karenanya Ia mengajak masyarakat untuk sama-sama membangun Natuna.

Menurutnya, Natuna saat ini sudah terkenal seantero tanah air bahkan mancanegara, namun sangat penting mempersiapkan diri dari sekarang agar mampu menghadapi tantangan kedepan.

“Kita sekarang sudah terkenal dimana-mana, tetapi apakah kita sudah siap menghadapi tantangan-tantangan kedepan ?, oleh karena itu mari kita bangun bersama”, ujar Ngesti.

Sementara itu, Ketua IKBB Wan Sofian mengatakan, kegiatan ini terinspirasi sejak 4 tahun silam. Dimana setiap pulang kampung ke Sedanau tidak tampak lagi aura lebaran, maka muncul lah ide untuk mencetus acara balek kampung.

Tahun lalu dengan waktu begitu singkat, IKBB berkurban 3 ekor sapi, sedangkan idul adha tahun ini menyumbangkan 5 ekor sapi, yang dibagikan kepada seluruh masjid dan surau di kecamatan Bunguran Barat.

“Target kami berikutnya tahun besok mungkin 10 ekor sapi. Tapi 10 sapi ini belum termasuk sumbangan dari ibu Ngesti. Mudah-mudahan tahun depan bisa dihadiri Bupati, Wabup, Sekda”, ujarnya.(nang)

Print Friendly, PDF & Email