Jokowi Laporkan Pemberian Kuda Seharga 70jt Dari Warga Sumba ke KPK

Kuda yang dilaporkan Jokowi ke KPK (Foto: Dok. Direktorat Gratifikasi KPK)
Kuda yang dilaporkan Presiden Jokowi ke KPK (Foto: Dok. Direktorat Gratifikasi KPK)

Jakarta (Marwahkepri.com) – Presiden Joko Widodo melaporkan pemberian dua kuda jantan oleh warga Sumba, NTT kepada KPK. Kuda tersebut merupakan kuda jantan jenis Sandalwood berusia tujuh tahun dan bernilai sekitar Rp 70 juta.

Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono menjelaskan, kuda tersebut diterima Presiden pada 25 Juli 2017 dan dilaporkan ke KPK pada 22 Agustus 2017. KPK saat ini masih menganalisa dan mengklarifikasi pelaporan kuda tersebut, proses analisa dan klarifikasi membutuhkan waktu selama 30 hari kerja sejak dilaporkan.

Meski sudah dilaporkan, kuda tersebut belum diserahkan kepada KPK dan masih berasa di Istana Bogor. Namun petugas KPK sudah datang dan melihat kuda tersebut.

KPK masih menimbang akan ditempatkan di mana kuda tersebut. Pasalnya, dalam mekanisme penyimpanan barang hasil gratifikasi, belum diatur untuk hadiah semacam ini. Sebab, kuda membutuhkan biaya pemeliharaan, berbeda dengan benda mati.

“Kuda ini nggak bisa kami simpan dan nggak bisa dilelang di sini, karena membutuhkan biaya pemeliharaan. Makanya nanti setelah pimpinan setuju agar ini menjadi milik negara, kita pikirkan kuda ini ditaruh di mana,” jelas Giri. (mk/d***)

 

Print Friendly, PDF & Email