Jelang Lebaran, Polsek Daik Lingga Lakukan Pengecekan Damri

(doc)
(doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Jelang Lebaran Idul Adha, sejumlah anggota unit Lantas Polsek Daik Lingga beserta beberapa staff Bagian Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga melakukan pengecekan kelayakan transportasi darat berupa sarana angkutan umum, Damri dipangkalan Damri Kampung Cina, Daik Lingga . Pengecekan dilakuan merupakan salah satu upaya mengantisipasi kecelakaan mengingat lonjakan penumpang menjelang induk adha.

Kapolsek Daik Lingga melalui Kanit Lantas, Bripka Teddy Kurniawan mengatakan kegiatan ini merupakan arahan Dirlantas melalui surat telegram STR/07/VIII/2017 tentang pengecekan dan pemeriksaan tranformasi sarat (Damri). Pemeriksaan kendaraan ini, turut melibatkan pihak Dishub Lingga.

“Tadi sekitar jam 10 pagi. Ada 4 orang anggota Polsek dan 2 dari staff Dishub,” ujar dia di Mapolsek Daik Lingga, Kamis (31/07).

Dia katakan, pemeriksaan difokuskan pada kendaraan angkutan umum yakni Damri, orang dan barang yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Seperti pengecekan paling utama adalah kondisi sopir, kondisi kendaraan meliputi rem, ban, mesin dan jumlah penumpang yang harus sesuai dengan kapasitas kursi.

 

(doc)
(doc)

Karena menurutnya kondisi jalan menuju Kecamatan Lingga Timur cukup ekstrim berbukit-bukit. Ditambah lagi badan jalan yang berlobang-lobang.

“Kita ketahui sendiri jalan kesana kurang bagus. Jadi ini perlu supaya tidak terjadi kecelakaan. Karena menjelang hari raya ini banyak warga yang berbelanja ke Daik,” terang Teddy.

Saat pengecekan, kondisi berlangsung kondusif. Jumlah penumpang dia sampaikan meningkat dalam beberapa hari ini.

“Kita berupaya untuk menciptakan angkutan umum yang berkeselamatan dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha,” papar dia.

Dia berharap kondisi tertib ini tidak hanya diberlakukan saat pengecekan saja. Namun kepada sopir diminta menerapkan setiap keberangkatan Damri, mengingat kondisi jalan yang lintas timur yang berbahaya. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email