Kebhinekaan Terajut di Pergelaran Seni Budaya Nusantara

Foto Bersama Sebelum Tampil (doc)
Foto Bersama Sebelum Tampil (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Atraksi seni tari kuda lumping hadir memenuhi semaraknya peringatan Hari Jadi ke-72 Republik di Kabupaten Lingga. Tarian ini dipersembahkan masyarakat desa Bukit Langkap dalam acara yang digelar pemerintah daerah dengan tema besar “Malam Anugrah Puncak Prestasi dan Pergelaran Seni Budaya Nusantara” dilapangan kantor Bupati, Daik Lingga.

Selain kuda lumping, tarian dari daerah Sumatera Barat, Sumatera Utara dan warga Tionghoa dari vihara Pancur Lingga Utara turut juga memenuhi persembahan seni malam itu disamping tarian kreasi dan tradisi melayu Lingga. Dari beragam kesenian ini mempunyai kesan kebhinekaan yang melekat di Bunda Tanah Melayu.

Slamet Khudwin, salah satu warga desa Bukit Langkap ketika dikonfirmasi mengaku senang dikarena tarian suku jawa yakni persembahan kuda lumping diundang pada malam itu. Menurutnya sebagai suku minoritas ditanah melayu, tampilnya tarian khas daerahnya dihadapan ratusan pasang mata penonton menjadi sesuatu yang luar biasa dan tidak terlupakan.

“Kami senang karena kami dihargai dengan kesenian kami. Kami sangat berterimakasih mengenalkan tarian ini dan bentuk bhineka tunggal Ika,” papar dia dengan senang, Jum’at (18/08) malam.

Selaku pihak yang terlibat dalam proses atraksi tersebut dia sampai maaf jika sajain yang dipersembahkan tidak begitu sempurna dimata khalayak ramai. Namun disamping itu dia berterimakasih karena animo dan antusias masyarakat yang menonton tidak kalahnya dengan semangat peserta kuda lumping.

“Kami mohon maaf apabila dalam pertunjukn tadi ad yg menyinggung perasaan orang tempatan, bukan bermaksud apa tapi itu semua hanya pertunjukan dan permainan yang harus kami tampilkan,” ujar dia.

Sebelumnya kata dia penampilan kuda lumping sudah dibudayakan di desa Bukit Langkap untuk mengisi acara desa, terlebih dalam perayaan hari besar nasional.

“Kami terimakasih juga kepada Kades, yang telah banyak mensuport,” lanjut dia.

Untuk itu, dia katakan penampilan ditingkat Kabupaten tidak hanya sampai ini saja. Dia berharap kedepannya jika ada event-event besar seni Kabupaten pihaknya dilibatkan untuk mengisi bagian acara.

“Semoga, terimakasih kepada pemerintah daerah,” tutup dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.