Dari Total 45 Tahanan Rutan Dabosingkep, 27 Napi Dapat Remisi

Pemberian remisi di rutan Dabosingkep (doc)
Pemberian remisi di rutan Dabosingkep (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Sebanyak 29 dari total 45 tahanan di rutan Dabosingkep, Kabupaten Lingga sebelumnya diusulkan dapat remisi dihari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Namun dari jumlah sekian yang benar-benar dapat remisi hanya 27 nara pidana (napi).

Perihal ini, Kepala Rutan Dabo Singkep, Sujatmiko menyampaikan dua napi yang belum mendapatkan remisi tersebut karena terbentur dengan Peraturan Pemerintah No 99 Tahun 2013 sehingga harus menunggu sejumlah proses pusat.

Dia katakan jumlah WBP/tahanan di rutan Dabosingkep sebanyak 45 tahanan yakni mencakup 38 napi dan 7 tahanan.

“Jumlah napi yang dapat remisi sebanyak 29 orang. Yang sudah terealisasi sebanyak 27 orang dan 2 orang lagi menunggu proses di Pusat,” kata dia, dalam pidato pemberian remisi di rutan Dabosingkep, Kamis (17/08).

Sujatmiko dalam kesempatan itu juga menegaskan situasi rutan yang dia pimpin sejauh ini sangat kondusif. Sesuai dan menyesuaikan dengan culture masyarakat Lingga sehingga berimbas pada situasi cabang rutan Dabosingkep.

“Hal ini sesuai dengan teori bahwa penjara merupakan cermin dari masyarakat sekitarnya,” ujar dia.

Dia menambahkan, dengan keterbatasan anggaran saat ini, pihak tetap berusaha mewujudkan layanan masyarakat yang adil dan bebas pungli. Keterbatasan sarana dan prasarana dan lainnya tidak menghalangi kecintaan kami kepada masyarakat dan Bumi Bunda Tanah Melayu.

“Sehingga program prioritas berupa layanan masyarakat yang adil dan bebas pungli,” lanjut dia.  (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email