Giat Cinta Wisata, Ini yang Dilakukan Karang Taruna Benan Untuk Wisatanya

Icon nama pantai wisata Benan (doc)
Icon nama pantai wisata Benan (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Demi meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke desa wisata Benan, sejumlah pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna desa Benan sedikit demi sedikit mengiatkan kegiatan. Tahap awal ini pemuda tersebut menciptakan papan nama pantai, yang dibentuk menjadi tulisan sebuah icon nama pantai.

Tomi Yandra, Ketua Karang Taruna desa Benan ketika dikonfirmasi mengatakan adanya papan nama atau penanda yang dibuat pemuda bisa dijadikan icon berfoto para wisatawan. Meski tidak seberapa jika diukur dengan nominal harga, namun tingginya nilai kreativitas pemuda kata dia patut diacungi jempol.

Ini dibuat, juga didasari rasa ingin meningkatkan kesadaran warga setempat pentingnya pariwisata di desa Benan. Selain itu langkah ini juga diharapkan sebagai jalan meningkatkan pariwisata di desa Benan sendiri.

“Ini kami lakukan untuk desa Benan. Selain itu kami juga berharap setiap masyarakat sadar lingkungan, bagaimana pentingnya pariwisata untuk desa Benan sendiri,” ujar dia, Senin (14/08).

Meski tidak permanen namun setidaknya bisa memberi tanda wisatawan saat itu berada di Benan. Inisiatif ini diambil karena melihat setiap tempat wisata baik bersifat apa saja, pengunjung pasti memilih nama tempat sebagai background selfi. Hal ini, kata dia kelak akan secara tidak langsung bisa mempromosikan pantai Benan, lewat dunai internet.

“Kita bisa ambil cara ini karena melihat zaman sekarang, para pengunjung dengan cara ini juga terlibat secara tidak langsung mempromosikan,” papar dia.

Selain itu, bakti sosial pemuda ini juga ingin menampakkan kepada Pemerintah Daerah khusus Kabupaten Lingga. Sebab dalam hal ini bukan hanya pemuda dan masyarakat, pemerintah juga diminta lebih agresif lagi dalam mengembangkan daerah pariwisata Benan yang merupakan pintu masuk Kabupaten Lingga.

“Kita juga meminta pemerintah untuk lebih agresif dalam pengembangan pariwisata ini. Apalagi Benan yang sudah menyumbangkan PAD bagi daerah,” papar dia.

received_1338201302945162-512x384

Sementara itu, Sahlan selaku masyarakat pengelola pantai wisata Benan, mengapresiasi kegiatan sosial yang dibuat anak-anak karang taruna tersebut. Dia sangat mendukung penuh giat itu. Sebab, demi mendukung dan mempromosikan lajunya wisata desa Benan perlu dan dibutuhkan pemuda-pemuda kreatif.

“Saya setuju, sangat setuju. Bagaimana tidak ini jalan agar wisata Benan itu lebih dikenal di kalangan masyarakat luar,” ujar dia.

Dia juga mendukung niat pemuda yang meminta Pemerintah Daerah lebih proaktif dengan wisata Benan. Dia sampaikan, Karang Taruna desa juga tidak hanya sebatas ini saja. Kedepan rencana-rencana matang, dalam mempromosikan objek wisata yang ada Benan akan terus digalakkan.

“Nanti mereka (karang taruna) juga akan mengadakan lomba kerajinan tangan, yang mana nantinya hasil ini akan di gunakan sebagai cendramata khas dari Benan,” tutup dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.