Top ! Pemdes Belungkur Peduli Lansia

Jalan Sehat Berhadiah Lansia di desa Belungkur, Kecamatan Lingga Utara (doc)
Jalan Sehat Berhadiah Lansia di desa Belungkur, Kecamatan Lingga Utara (doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Seiring bertambahnya usia dan fungsi organ tubuh mengalami penurunan, bukan alasan bagi lansia untuk malas berolahraga. Olahraga yang dilakukan oleh lansia berbeda dengan usia muda dengan intensitas dan gerakan olahraga ringan sehingga menghindarkan para lansia mengalami cedera saat berolahraga.

Mengenai ini beberapa waktu, Minggu (06/08), Pemerintah Desa Belungkur Kecamatan Lingga Utara menggelar giat olahraga untuk kaum lansia berupa jalan sehat. Acara yang dibuat di desa Belungkur cukup antusias diikuti puluhan lansia.

Kepala desa Belungkur, Muhlizan ketika ditemui mengatakan salah satu kegiatan yang dibuat desa merupakan langkah untuk mengembangkan dan meningkatkan kembali minat olahraga bagi orang-orang tua dalam memelihara kesehatan.

Menurutnya olahraga tidak hanya milik usia muda. Orang tua yang lanjut usia juga memerlukan olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh, kebugaran. Hanya saja lansia mempunyai olahraga tertentu yang harus dijalani.

“Ini dilaksanakan untuk meningkatkan daya minat orang tua kita untuk mengontrol kesehatannya,” papar dia, Sabtu (12/08).

Selain olahraga yang dilaksanakan, Kepala desa juga menghimbau setiap lansia rutin dalam mengontrol atau cek kesehatan di Posyandu setiap bulannya. Dalam hal ini juga kata dia pihak desa tidak lepas tangan, desa akan juga membantu.

“Kita usahakanlah orang-orang tua kita juga tidak malas kepos kesehatan yang telah ada di desa. Tetapi disamping itu, kita juga imbau untuk menjaga kesehatan rohani,” ujar dia.

Dalam gelar jalan sehat tersebut, beragam hadiah yang disediakan pihak panitia penyelenggara. Kata dia, setiap lansia merasakan hadiah tersebut, walau berbeda-beda.

Kegiatan ini lanjut dia, akan diusahakan berkelanjutan setiap tahunnya melalui Dana Desa (DD). Selain ditetap dalam momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kegiatan jalan sehat ini salah atau bentuk kepedulian desa terhadap masyarakatnya.

“Ada 80 pserta semua mrasa kn hadiah itu,” tutup dia. (MK/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.