Tidak Ada Pengawasan Dishub, KM Sembilang Layani Angkut Ilegal Logging

Screenshot_2017-08-04-01-30-10-1

 

Lingga (marwahkepri.com) – Sehubungan diberlakukan aturan dan peraturan ketat terkait pemeriksaan setiap kendaraan yang keluar masuk Roro KM Sembilang tujuan Batam, terkususnya truk-truk angkutan barang menimbulkan pertanyaan masyarakat. Pertanyaan muncul dikarenakan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga yang selama ini dipercaya menjalankan tugas tersebut, malah tidak tampak berjaga-berjaga, Jum’at (04/08).

Salah satu masyarakat Lingga, Ei menyatakan heran melihat kejadian kemarin, Rabu (02/08) malam karena beberapa jumlah truk angkutan masuk KM Sembilang tanpa diperiksa oleh pihak Dishub Lingga. Seolah-olah semua peraturan dibuat dan haru dijalankan hilang seketika.

Padahal menurut dia selama ini setiap kali KM Sembilang ingin lepas tali mau, terutama truk-truk barang diperiksa satu persatu. Bahkan ada yang sampai dibongkar muatannya dengan alasan menjalankan aturan jangan sampai kecolongan terlebih persoalan Ilegal logging.

“Sehingga kejadian ini menimbulkan kekesalan bagi beberapa sopir truk lainnya yang pernah dibongkar muatannya,” papar dia kepada marwahkepri.com, Kamis (03/08)

Sayangnya lagi, kata dia waktu itu ada truk berwarna putih dengan nomor plat BP 8584 masuk tanpa melalui pemeriksaan. Padahal dalam bak belakang truk bermuatan jenis kayu ilegal yang siap dijual.

“Entah ini disengaja atau memang sudah dikondisikan sebelumnya dengan pihak yang berkepentingan sehingga proses masuknya truk BP 8584 tersebut penuh dengan muatan ilegal loging lancar saja malam itu,” ujar dia.

Namun disebalik ini, dia menilai instansi terkait melakukan kelalaian. Apakah  karena disengaja atau tidak, tetapi dari pantauannya kerap kali terjadi.

“Kejadian seperti ini kerap kali dan dilakukan pihak Dishub Lingga,” papar dia (mk/zul)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.