Demi Kesenjangan Ekonomi Marok Kecil, Bupati Harap DKTM Dijadikan tambak Udang

Pasca Tambang PT Sanmas Mekar Abadi, desa Marok Kecil (Doc)
Pasca Tambang PT Sanmas Mekar Abadi, desa Marok Kecil (Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Perihal pencarian DKTM PT Sanmas Mekar Abadi desa Marok Kecil Kecamatan Singkep Selatan tahun 2013 lalu, Camat Singkep Selatan, Muhammad Saman  membenarkan pihak desa akan menggunakan dana tersebut untuk membangun tambak udang sesuai dengan keinginan Bupati Lingga, Rabu (02/07).

Menurutnya pencairan DKTM sudah dilakukan pihak desa pada Jum’at (28/07) lalu.

“Benar pencairan DKTM desa Marok Kecil sebagian sudah dicairkan Jum’at lalu tepatnya pukul 14.00, kebetulan juga saya diajak kades marok kecil untuk menyaksikan serah terima pencairannya,” ungkap dia kepada marwahkepri.com.

Dia juga membenarkan keinginan membuat  tambak udang oleh pemerintah desa Marok Kecil atas harapan Bupati Lingga. Sebagaimana dikatakan agar DKTM yang didapatkan kali tidak harus difokuskan pada kegiatan fisik saja melainkan fungsi untuk menunjang perekonomian masyarakat.

“Namun sepengetahuan saya dan cerita yang saya dengar bupati hanya berharap agar pengajuan pencairan DKTM ini tidak lagi digunakan untuk kegiatan fisik saja melainkan harus digunakan untuk kesejahteraan perekonomian masyarakat salah satunya bikin tambak udang baru pak bupati setuju,” lanjut dia.

Dia sampaikan, sepengetahuannya saran dab harapan Bupati Lingga terkait hal ini sudah disepakati pihak desa bersama masyarakat berdasarkan hasil musyawarah bersama. Nanti dia menyanggah kurang tahu ketika ditanya apakah masyarakat hadir semua dalam musyawarah tersebut atau hanya perwakilan saja.

“Itu saya juga kurang tau dan belum jelas,” ujar dia.

Menurutnya dalam hal ini Bupati Lingga  sangat keberatan jika pengajuan proposal pencairan DKTM digunakab membeli sepetak lahan guna timbunan rehab bendungan tembok tanggul untuk pencegahan meluapnya air laut ke kebun kelapa warga dusun II Remik Desa Marok Kecil. Padahal demi menyambung hidup, perekonomian masyarakat dusun II Remik sebagian besar dari hasil panen kelapa.

“Pak bupati lebih cenderung pencairan DKTM ini dialih fungsikan bikin tambak udang sebagiannya karena penghasilan panen tambak udang akan mendatangkan peningkatan perekonomian masyarakat nanti,’ jelas dia.

Sementara mengenai pencarian DKTM yang telah dilakukan desa Marok Kecil, Kadus II Remik mengaku tidak menhetahui. Padahal masyakarat yang sudah merasa kebagian uang dari DKTM tersebut, terkhusus di dusun II Remik sudah banyak yang bertanya kepada dia.

“Benar ya bang, kalau berita dana DKTM perusahaan bauksit sudah cair, karena sampai saat ini saya tidak pernah diberi tahukan tentang pencairan sudah apa belumnya sementara masyarakat bertanya-tanya ke saya juga bang , dan jelas saya tidak bisa menjawab karena saya sendiri juga tidak tau,” ucap dia. (mk/zul)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.