Wakil Bupati Buka Kegiatan Penyusunan LPJ Parpol

IMG-20170725-WA0003-1-800x445
Latihan penyusunan LPJ Parpol dibuka Wakil Bipati

Natuna (Marwahkepri.com) – Pemerintah kabupaten Natuna, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah menggelar kegiatan penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) bantuan keuangan Partai Politik (Parpol), tahun 2017.Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti di aula Natuna Hotel Ranai – Darat, Selasa pagi (25/07/2017).

Dalam sambutanya pada kesempatan itu, Wabup Natuna, Ngesti mengatakan pemerintah daerah diwajibkan mengapresiasi eksistensi partai politik sebagai salah satu kekuatan pembangunan Negara.

Salah satu bentuk, apresiasi yang diberikan dalam bentuk bantuan keuangan. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik, yang telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 83 Tahun 2012.

Dalam regulasi PP tersebut, diterangkan bahwa partai politik yang berada diwilayah Kabupaten/Kota mendapatkan dana bantuan bersumber dari APBD yang diberikan secara proposional berdasarkan perolehan suara perwakilan partai yang mendapatkan kursi dilembaga legislatif.

Namun terang Ngesti, perlu disadari bahwa dalam Pengelolaan Anggaran Negara, setiap peruntukannya telah diatur system mekanisme dan pertanggungjawaban yang bersipat administrasi.

Demikian pula halnya pada bantuan keuangan bagi partai politik yang ada dikabupaten Natuna, juga diwajibkan untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan anggaran sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut, Ngesti juga berharap para pengurus partai politik terutama pengelola keuangan partai hendaknya dapat memberikan perhatian khusus agar dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan partai politik dapat disesuaikan dengan format administrasi dan peruntukan.

Terutama sebagai Penerapan Peraturan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 Tentang pemeriksaan laporan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik.

Pada kesempatan sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah, Drs Muhtar Achmad,M.Eng menyampaikan, tujuan diadakan kegiatan LPJ bagi Partai Politik untuk meningkatkan kemampuan serta tatacara pengelolaan bantuan keuangan partai politik dan tertib administrasi bagi pengurus partai politik di Kabupaten Natuna.

Kegiatan ini diadakan selama dua hari mulai tanggal 25 hingg 26 Juli 2017 dengan jumlah peserta 24 orang yang merupakan 3 orang perwakilan masing-masing partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Natuna.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Natuna Yusripandi dan beberapa anggota DPRD Natuna FKPD dan OPD terkait.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.