Proyek Drainase Desa Batu Berdaun Jadi Tanda Tanya Warga

Drainase yang sedang dibangun di desa Batu Berdaun (Doc)
Drainase yang sedang dibangun di desa Batu Berdaun (Doc)

Lingga (marwahkepri) – Pekerjaan pembangunan derainase yang terletak di wilayah RT 01 RW 02 Dusun I, Kampung Baru Desa Batu Berdaun tahun anggaran 2017 menimbulkan tanya warga. Hal ini dikarenakan besaran anggaran yang dianggarkan dinilai jauh melebihi dari kondisi pembangunan drainase.

“Saya tidak habis pikir melihat pekerjaan Derainase parit ini, kalau dilihat besarnya yang dianggarkan sungguh diluar akal sehat,” ujar Jon, salah satu warga setempat, Selasa (25/07).

Dia menilai besaran anggaran yang diplotkan, dan dibagi dengan jumlah panjangnya aliran parit, sungguh diluar batas upah yang seharusnya. Apa lagi pekerjaan drainase itu sebelum di anggarkan pihak desa, sudah ada puluhan meter yang bangunkan warga.

“Iya itu selain meter sudah dibangun Juna, seorang warga yang kebetulan rumahnya dilokasi derainase yang di bangun sekarang,” ujar dia.

Hal ini , kata dia sungguh tidak sesuai dengan anggaran sebesar yang dipaparkan pada papan plang informasi. Apalagi pelaksanaan kegiatan ini, dikerjakan tanpa tulang penyangga antara dua sisi badan parit. Padahal fungsinya demi ketahanan bidang dinding derainase.

“Apalagi ekerjaan ini hanya menggunakan bahan baku semen dan pasir saja tanpa batu, begitu juga entah bagaimana perhitungan pekerjaan ini boleh dikerjakan satu sisi saja,” terang dia.

Papan plang proyek pembangunan drainase di Desa Batu Belubang (Doc)
Papan plang proyek pembangunan drainase di Desa Batu Belubang (Doc)

Terkait hal ini Kepala Desa Batu Berdaun, Zainal, mengatakan setiap pembangunan yang dianggarkan ditahun 2017 ini tidak ada tawar menawar lagi. Pekerjaan ini wajib diselesaikan dan menjadi kewajiban bagi Tim Pelaksana Desa (TPD) untuk menyelesaikan tanpa ada pengecualian.

“Itu memang harus diselesaikan bagaimanapun. Karena sudah dianggarkan dan sudah berjalan pembangunannya,” jelas dia via seluler, Rabu (26/07) pagi.

Sampai pemberitaan ini dimuat pihak TPD belum bisa dikonfirmasi. (mk/zul)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.