RSUD Embung Fatimah Jamin Masalah Kekurangan Obat Akan Diatasi

Humas RSUD Embung Fatimah, Ely Sumarni S.K.M
Humas RSUD Embung Fatimah, Ely Sumarni, S.K.M

Batam (Marwahkepri.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Batam hingga kini sudah bekerjasama dengan 19 Rumah Sakit dan Klinik diwilayah kerja BPJS Cabang Kota Batam.

Namun, salah satu staff BPJS Kesehatan Kota Batam yaitu Maya menyampaikan bahwa sebagian Rumah Sakit ada juga yang sudah memutuskan kontrak dengan BPJS Kesehatan, seperti Rumah Sakit Awal Bros.

Dia mengatakan rumah sakit yang tidak dapat mematuhi persyaratan BPJS Kesehatan akan diputus kontrak.

“Pertama kita kasih surat peringatan, setelah itu  peringatan kedua, dan terakhir kita akan putus kontrak,”ujarnya.

Untuk  peserta BPJS Kesehatan, Maya mengatakan untuk Batam sendiri sudah mencapai 70 persen yang ikut kepesertaannya.

Terkait seringnya anggota BPJS Kesehatan berobat ke RSUD Embung Fatimah dan disuruh membeli obat keluar RSUD dengan alasan obat yang diminta sedang tidak ada, Maya mengatakan seharusnya semua pengobatan sudah ditanggung oleh Rumah Sakit melalui BPJS Kesehatan tersebut, dan tidak perlu lagi membeli obat keluar rumah sakit.

Menanggapi hal tersebut, awak media menemui Humas RSUD Embung Fatimah Ely Sumarni, S.K.M diruang kerjanya Jumat (21/07), dia mengatakan memang kadang obat itu tidak ada di rumah sakit, namun dikatakannya untuk sekarang ini mereka sudah berusaha agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

“Kita berusaha seoptimal mungkin agar peserta BPJS Kesehatan tidak perlu membeli obat lagi keluar,”ungkapnya.

Ely Sumarni yang biasa dipanggil buk Elin itu mengatakan, alasan obat di RSUD kadang tidak ada adalah karena dari pusat obat tersebut memang belum turun.

“Mungkin obatnya terhambat di distributor, sehingga obat tersebut belum sampai kesini,”tambahnya.

Bu Elin mengatakan sejauh ini, kekurangan obat di RSUD sudah mulai berkurang dan kedepannya mereka akan meningkatkan pelayanannya sehingga masyarakat tidak perlu membeli obat lagi keluar RSUD.(mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.