Tahun 2017, Lingga Terima 391 BSPS dari Kemen-PUPR

Kasi
Kasi Perumahan dan Kawasan Pemukiman DPUPR-PKP Kabupaten Lingga, Zifrizal (Doc)

Lingga (marwhkepri.com) – Sebanyak 391 rumah warga di Kabupaten Lingga akan menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2017 ini. BSPS tersebut tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Lingga yakni Kecamatan Senayang, Lingga Utara, Lingga serta Kecamatan Singkep Barat, Rabu (19/07).

BSPS sendiri merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) dalam mengentaskan kemiskinan.

Kepala seksi (Kasi) Perumahan dan Kawasan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Kabupaten Lingga, Zifrizal ketika ditemui mengatakan dari 391 rumah penerima bantuan BSPS tersebut yang paling banyak penerimanya yaitu Kecamatan Senayang.

“Baru empat kecamatan kita dapat. Kecamatan Senayang, Lingga Utara, Lingga serta Kecamatan Singkep Barat. Tapi tahun depan mudah-mudah meningkat,” ujar Zifrizal, Selasa (18/07).

Menurut dia bantuan tersebut ada beberapa kriteria yakni kriteria rusak berat, ringan dan rusak sedang. Namun. Untuk di Kabupaten Lingga, sejuah ini semua masuk dalam kriteria rusak berat. Nantinya bantuan yang akan diberikan berbentuk barang berupa bahan bangunan dengan total bantuan sebesar Rp 15 juta.

“Kalau di daerah kita, rata-rata rusak berat. Kalau untuk rusak berat itu maksimal Rp15 juta. Tapi bantuannya bukan berupa duit, melainkan barang,” ujar dia.

Kata dia, nantinya barang-barang yang diperlukan sesuai dengan nilai yang telah ditentukan, pihak satuan kerja (satker) yang telah dibentuk akan bekerjasama dengan toko-toko yang ada di Kabupaten Lingga untuk pendistribusian barang kepada penerima bantuan tersebut.

“391 rumah untuk tahun ini sudah pendataan. Tinggal menunggu perivikasinya saja,” ujarnya.

Sementara di tahun 2018 mmendatan, dia sampaikan pihak DPUPR-PKP Kabupaten Lingga melalui bidang penataan ruang, perumahan dan pemukiman sudah mengaju hampir 1000 unit rumah untuk program BSPS ini. Usulan ini akan merata seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.

“Kalau mengusulkan, kita pasti mengusulkan. Cuma data yang diambil itu data dari Tim Nasional Pengentasan Kemiskinan. Untuk tahun depan kita usulkan lebih kurang sekitar 900 unit lebih,” lanjut dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email