Sinar Laser Dari Batam Ganggu Penerbangan, Singapura Layangkan Protes

Ilustrasi sinar laser yang mengarah ke udara (net)
Ilustrasi sinar laser yang mengarah ke udara (net)

Batam (Marwahkepri.com) – Otoritas Singapura melayangkan protes atas banyaknya sinar laser yang ditembakkan ke udara yang ditengarai berasal dari Batam dikarenakan mengganggu penerbangan.

Hal itu diungkapkan Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Senin di BP Batam (17/7).

“Otoritas Bandara Changi sudah melayangkan surat ke Otoritas Hang Nadim mengenai banyaknya laser itu. Sinar laser pada malam hari itu dianggap sudah mengancam penerbangan,” terang Plh Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Dendi Gustinandar .

Sudah ada delapan laporan pada Otoritas Changi Singapura yang kemudian diteruskan pada Hang Nadim Batam karena ditengarai sinar laser dari Batam.

“Salah satu yang menyampaikan gangguan laser tersebut adalah pilot Silk Air tujuan Singapura. Namun totalnya ada delapan yang dilaporkan,” ucapnya.

Atas laporan tersebut, pihak Hang Nadim mengimbau pada masyarakat agar tidak menjual atau mengarahkan laser tersebut ke udara karena sangat membahayakan penerbangan.

Dendi juga mengatakan bahwa Pihak Manajemen Hang Nadim sudah bertemu dengan pihak Satpol PP Kota Batam yang berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut.

“Kami dari bandara tidak punya wewenang untuk melakukan tindakan penertiban. Tadi dari pihak Pemkot melalui Satpol PP yang diwakili pak Imam Tohari sudah berjanji akan menindaklanjuti,” terangnya kembali. (mk/as/ak***)

 

 

Print Friendly, PDF & Email