Lagi-lagi … Sawah Bukit Langkap Terendam Banjir

Kondisi Sawah Bukit Langkap digenangi Banjir (Doc)
Kondisi Sawah Bukit Langkap digenangi Banjir (Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Diguyur hujan sejak beberapa hari belakangan, sawah di desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur tampak diratakan dengan genangan air. Hingga saat ini kondisi air masih belum menyusut, air menggenang hampir seluruh permukaan lahan sawah yang dibuka, Minggu (17/07).

Zakaria salah satu anggota DPRD Lingga mangatakan terkait kondisi cuaca yang tidak stabil sangat mempengaruhi sektor pertanian ini. Curah hujan yang tinggi belakang ini, ditambah kondisi lahan yang memang merupakan tempat langganan banjir memungkinkan lahan ini gagal panen untuk kesian kalinya.

“Kita lihat, bagaimana padi mau tumbuh. Kemarin itu pengaruh kadar asam. Ini masalah banjir lagi,” kata dia, Minggu (16/07).

Lahan sawah di desa Bukit Langkap ini merupakan program opsus Kementerian Pertanian yang dibuka akhir 2016 lalu. Sejak dibuka, lahan sawah ini langsung ditanami padi oleh Kementerian Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Namun, hingga sekarang lahan sawah lebih kurang 40 hektar tersebut belum mampu menghasilkan beras.

Melihat kondisi yang demikian dia menilai lahan tersebut memang kurang cocok untuk pengembangan padi. Lain lagi soal luasnya lahan yang dibuka namun tidak ditanami hingga sekarang. Sementara persoalan kayu sekian hektar sudah rata dengan tanah.

Terkait hal ini, dia mengatakan diluar bidang yang dia jalani saat ini di komisi I. Namun, terlepas itu perihal ini akan dibicarakan dilingkup DPRD. Untuk itu kepada pihak yang terlibat dia berharap untuk dapat segera menggantisipasinya.

“Ini yang menyangkut progam pusat, dan ini juga yang diharapkan masyarakat kita,” kata dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.