Dari 1981 Data PRR, 80 Persen E-KTP Telah Dicetak

Ilustrasi E-KTP (net)
Ilustrasi E-KTP (net)

Lingga (marwahkepri.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga telah mencetak sekitar 80 persen E-KTP pemula, dari angka perekam pemula atau Print Ready Record (PRR)  yang terdata sebanyak 1981 data.

Kabid Pendaftaran Penduduk ( Dapduk) Muhammad mengatakan belum ada masalah signifikan dalam usaha mencetak E-KTP. Karena sejauh ini pihaknya telah menerima 4.000 blanko E-KTP.

“Kita sudah menerima 2 x 2.000 blanko. Dia bertahap, 2.000,” kata dia, Jum’at (14/07).

Dia sampaikan hanya yang menjadi kendala beberapa waktu lalu yakni terkait input data konsilidasinya. Kadang data yang telah direkam sementara diinput data konsilidasinya belum turun, sehingga membuat data perekam belum dapat dicetak.

“Kerena rekam disini kirim ke pusat konsilidari nunggu turun dari pusatkan baru kita cetak secara online,” ujar dia.

Sementara untuk masalah server dia katakan sudah tidak ada kendala lagi. Sebelumnya memang server menjadi kendala dalam penanganan E-KTP ini. Karena adanya virus yang merusak sistem data perekam, sehingga data perlu diback-up.

“Kemarin sempat ada virus waktu itu kita di off, memang ada perintah surat di off. Jangan dibuka harus diback-up. Data jangan rusak jangan hilang, kadang dua hari atau tiga hari kita sesuai perintah dari sana. Alhamdulillah hati ini sudah normal kembali,” terang dia.

Selain itu, terkait data perekam yang ingin melakukan perpanjangan E-KTP, oleh Disdukcapil dicetak sesuai kebutuhan. Dikarenakan keterbatasan jumlah blanko.

“Diutamakan yang pemula seperti anak sekolah. Begitu yang sifat mendesak sepeti yang mau berangkat haji atau apa,” ucap dia.

Terlepas dari itu, untuk administrasi lainnya dia sampaikan juga tidak menemui kendala. Begitu juga terkait surat keterangan dari Capil belum dapat E-KTP tetap berlaku selama belum di cetak oleh pihak Disdukcapil Lingga.

“Kalau yang itu dibawah satu jam bisa selesai,” tutup dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email