Penerbangan Langsung Dari Tiongkok Ke Batam Diharapkan Dapat Menggairahkan Ekonomi Batam

kedatangan turis asal Tiongkok disambut dengan tarian persembahan. (hum)
Kedatangan turis asal Tiongkok disambut dengan tarian persembahan. (hum)

Batam (Marwahkepri.com) – Sebanyak 212 orang wisatawan mancanegara (wisman) dari Tiongkok telah tiba di Batam pada Kamis (13/7) pagi menggunakan carter flight Boeing 737-900er maskapai Lion Air JT2733.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan adanya jalur penerbangan langsung dari Tiongkok ke Batam akan membawa dampak positif bagi perekonomian di kota Batam khususnya sektor pariwisata.

Untuk itu, pihaknya juga telah melihat peluang tersebut dengan melakukan pengembangan infrastruktur Bandara seperti perluasan apron, revitalisasi terminal satu dan pembangunan terminal dua Hang Nadim.

“pertumbuhan transportasi udara jauh lebih cepat untuk itu pengembangan Bandara Hang Nadim perlu dilakukan guna mendorong penerbangan Internasional secara reguler nantinya,” ungkapnya.

Senada dengan Andi, Kepala Dinas Pariwisata Batam, Pebrialin mengatakan kedatangan wisman asal Tiongkok adalah langkah positif guna meningkatkan dunia pariwisata Kota Batam khususnya.  Menurutnya, Infrastruktur Bandara Hang Nadim sudah sangat representatif untuk menerima penerbangan langsung Internasional.

Kedatangan wisatawan Tiongkok ke Batam ini dikemas dalam bentuk paket wisata dengan tujuan wisata Batam, Singapura, dan Malaysia dengan penerbangan kedatangan dan keberangkatan melalui Bandara Hang Nadim, Batam.

Dengan adanya charter flight wisatawan dari Tiongkok ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Batam semakin bergairah lagi dan seterusnya bisa menjadi penerbangan regular.

Kedepan, diharapkan semakin banyak maskapai internasional maupun nasional melihat potensi Bandara Hang Nadim, Batam untuk dijadikan salah satu alternatif gateway penerbangan langsung internasional ke Indonesia khususnya untuk membidik destinasi wisata wilayah Sumatera dan Kepulauan Riau yang tentunya relatif lebih murah dan mudah apabila masuk melalui Batam.

Bandara Hang Nadim kini telah memiliki penerbangan langsung ke seluruh kota besar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali dan 2 kota di Kalimantan, Pontianak dan Balikpapan serta 1 penerbangan Internasional ke Subang, Malaysia. (mk/hum)