Sekitar 10.000 Calon Haji Berangkat Dari Embarkasi Hang Nadim Batam

Ilustrasi calon haji berangkat haji. (net)
Ilustrasi calon haji berangkat haji. (net)

Batam (Marwahkepri.com) – Embarkasi Hang Nadim Batam pada tahun ini akan melayani rombongan calon haji dari empat provinsi, yakni Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Sekretaris Direktur Jenderal Pelaksana Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Khasan Faozi menyebutkan lebih dari 10.000 anggota jemaah dari empat provinsi itu diterbangkan dalam 27 kelompok terbang (kloter) .

“Kepri 27 kloter berarti ada sekitar 10.000 calon haji. Seluruh Indonesia 221.000 calhaj, paling banyak Jawa Tengah dan Jawa Barat,” ucap Khasan saat pelantikan Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam selasa (12/7).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jemaah haji Embarkasi Batam akan menggunakan Saudi Arabia Airlines melalui Bandara Hang Nadim.

Ia mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan akomodasi untuk jemaah di Tanah Suci.

Di Madinah, pemerintah memesan penginapan dengan kualitas hotel setara bintang tiga dengan jarak maksimal sekitar 1.100 meter dari Masjid Nabawi.

Di Mekah, pemerintah menyiapkan bus selawat untuk antar dan jemput jemaah dari hotel ke Masjidilharam karena jaraknya nisbi jauh.

“Jarak terjauh 4.500 meter. Kami ambil jarak yang lebih yang menitikberatkan pada aksesibilitas hotel. Sebanyak 90 persen dari jemaah akan dilayani bus selawat yang 24 jam tidak berhenti,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajak panitia untuk mengerjakan tugasnya dengan dasar ibadah.

“Tidak semua orang dapat. Ini ada nilai tersendiri dari sisi beribadah. Kami yakin mereka juga sudah siap dengan kemampuan, tenaga,” ucap Nurdin.

Gubernur berharap panitia meningkatkan pelayanan kepada jemaah calon haji di Tanah Suci.

Ia percaya PPIH Embarkasi Batam mampu menjalankan tugasnya dengan baik karena sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. (mk/as/ak***)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.