Sandi : Kira-kiranya Rumah DP nol Rupiah Untuk Penghasilan 7-10 Juta/perbulan

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

Jakarta (Marwahkepri.com) – Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku masih berbincang dengan tim sinkronisasi mengenai program prioritasnya bersama Gubernur Terpilih, Anies Baswedan yaitu rumah dengan DP nol rupiah.

Sandi menyebutkan saat ini timnya sedang berusaha untuk memfinalkan skema pendanaan untuk program DP nol rupiah. Namun, yang terpenting untuk dapat berpartisipasi dalam program ini masyarakat harus mempunyai pendapatan terlebih dahulu.

“Yang partisipasi harus yang punya pendapatan atau penghasilan tertentu. Sehingga mereka bisa membayar cicilannya. Ini lagi dihitung ya, ancar-ancarnya antara tujuh sampai sepuluh juta rupiah,” ungkap Sandi di Jakarta, Rabu (12/7).

Menurutnya, dari range penghasilan Rp 7-10 juta tersebut nanti pihaknya akan melihat skema yang memungkinkan untuk merealisasikan program tersebut.

“Ancar-ancar, kira-kira, jadi bisa di bawah sedikit atau di atas sedikit per Kartu Keluarga (KK). Harus dilihat bukan hanya penghasilannya, tetapi juga net saving-nya dia,” tambah Sandi.

Ia mencontohkan, jika penghasilan bulanannya Rp 7 juta tetapi pengeluarannya mencapai Rp 6,9 juta maka tidak bisa ikut berpartisipasi. Sebab untuk mengikuti program ini masyarakat harus bisa menabung dan menggunakan tabungannya untuk mencicil rumah.

Untuk diketahui,Upah Minimun Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2017 sebesar Rp 3.355.750. Itu berarti untuk bisa membeli rumah dengan DP nol rupiah, warga Jakarta harus memiliki pendapatan 2x UMP saat ini. (mk/as/ku***)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.