Waw ! Tiga Altet Pelajar Sepakbola Lingga Raih Beasiswa PPLP di Karimun

Saparuddin, Kabidpora Lingga (Doc)
Saparuddin, Kabidpora Lingga (Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Kabupaten Lingga melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora) berhasil mengirimkan sebanyak 3 atlet sepak bola berprestasi untuk megikuti Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) tingkat provinsi Kepri di Kabupaten Karimun. Keberhasilan ini, juga merupakan keberhasilan atlet tersebut dalam memotivasi majunya olahraga di Kabupaten Lingga meski belum maksimalnya perhatian pemerintah terhadap olahraga.

Melalui Kabid Pora, Saparuddin mengatakan ketiga atlet ini merupakan atlet yang direkrut pihak pronvisi pada pertandingan piala Gubernur bulan Mei lalu.

Meski Lingga hanya mampu bertengger pada posisi empat, dibawah Tanjungpinang, Karimun dan Bintan, namun dia katakan diambilnya ketiga atlet sepakbola ini oleh pihak penyelenggara merupakan sesuatu kebanggaan dan prestasi yang baik.

Saparuddin menilai Kabupaten Lingga di bidang olahraga sendiri, dengan segudang bakat para atlet yang dimiliki. Lingga tidak kalah saingannya dengan Kabupaten/Kota lain di Kepri. Namun dalam konteksnya yang menjadi permasalahan internal bidang yakni kurangnya perhatian khusus pemerintah terhadap dunia olahraga terlebih mengenai plot anggaran yang disediakan.

“Atas hasil kemarin, walaupun kita kalah berada di posisi empat. Namun kita berhasil mengirimkan 3 atlet kita untuk mengikuti PPLP di Karimun,” papar dia diruang kerjanya, Senin (10/07).

Ketiga atlet ini dia katakan akan disekolahkan dengan pembiayaan berupa beasiswa oleh provinsi selama mereka sanggup mengikuti pembinaan olahraga, sebab PPLP sifatnya pembinaan yang terkonsentrasi pada suatu tempat yakni di Kabupaten Karimun. Jenjang sekolah yang dikuti ada setingkat SMP dan SMA.

Keberhasilan ini lanjutnya merupakan langkah baik bagi atlet pelajar Lingga yang lolos tersebut guna menekuni bidang olahraga yang memang mereka gemari.

“Ini sudah termasuk prestasi yang bagus karena tanpa memanfaatkan dana APBD,” ujarnya

Lingga ditengah minimnya perhatian terhadap olahraga baik pembinaan maupun hal lainnya kepada atlet, terlebih KONI yang hingga saat ini terkesan mati suri. Namun dengan kemampuan seadanya Kabupaten Lingga melalui atlet berbakat mampu menyematkan nama ditingkat provinsi.

Adapun ketiga atlet yang meraih kesempatan emas tersebut yakni Muhammad Sananta dari Kecamatan Lingga, Osama dari Kecamatan Singkep Barat dan Reza dari Kecamatan Singkep Pesisir. Ketiga altet ini telah diantarkan ke Karimun guna mengikuti pembelajaran sekolah di tahun pelajaran baru ini.

“Untuk Lingga sendiri itu ada 3 orang atlet, Karimun ada 4 orang, Tanjungpinang 2 orang dan Batam mungkin lebih karena mereka ada pembinaan,” terang dia.

Dengan begitu dia berharap khususnya bidang olahraga mendapatkan perhatian yang maksimal dari pemerintah setempat. Sebab olahraga juga bagian dari daerah mengembang prestasi dan bakat daerah, baik dalam meraih kesempatan dan peluang juga sekedar menoreh nama didunia olahraga sendiri.

“Kita terbilang lumayan ditengah kurangnya perhatian pemerintah terhadap dunia olahraga tapi kita mampu memberikan yang terbaik,” kata dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email