Pemko Batam Pertimbangkan Berikan Insentif Untuk Industri Galangan Kapal

Industri galangan kapal yang ada di Batam. (net)
Industri galangan kapal yang ada di Batam. (net)

Batam (Marwahkepri.com) – Pemerintah Kota Batam mempertimbangkan pemberian insentif khusus bagi industri galangan kapal demi meningkatkan kembali gairah industri tersebut.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, menyatakan pemerintah harus mencari solusi atas masalah ekonomi yang terjadi di Batam, satu di antaranya adalah pemberian insentif kepada pengusaha.

“Misalnya (di kawasan industri galangan kapal) Tanjunguncang. Penjelasannya order dari luar negeri terbatas. Mengapa, barangkali biaya produksi naik atau tidak kompetitif dibanding Surabaya dan Semarang,” uca Amsakar Jum’at (7/7).

Jika biaya produksi mahal, maka pemerintah harus memikirkan insentif yang bisa diberikan, lanjut Amsakar.

Pemko dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam berencana bekerjasama guna menaikkan kembali gairah ekonomi.

“Harapan kami bisa kembali mengungkit gairah ekonomi Batam. Langkah konkrit diperbincangkan untuk menggairahkan ekonomi,” lanjutnya.

Amsakar menyatakan kedua institusi tersebut sepakat menghidupkan kembali industri galangan kapal yang sempat menjadi terbesar di Indonesia.

Menurut dia, bila ingin mengembalikan pertumbuhan ekonomi Batam seperti semula, maka jalannya adalah dengan menggairahkan industri galangan kapal.

“Karena rekrutmen tenaga kerja banyak di situ,” ucapnya.

Kedua institusi pemerintah itu juga sepakat membentuk tim khusus untuk memulihkan kondisi ekonomi yang melemah tajam pada triwulan pertama 2017.

Dia berharap tim dapat melahirkan berbagai gagasan untuk menggairahkan kembali investasi dan ekonomi di Batam. (mk/as/ak***)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.