Pesawat AMA Yang Hilang Ditemukan, Seluruh Kru dan Penumpang Tewas

(net)
(net)

Sentani (Marwahkepri.com) – Maskapai penerbangan Assosiation Mission Aviation (AMA) memastikan dua kru pesawat dan tiga orang penumpang yang terdapat di pesawat AMA jenis Pilatus Porters dengan nomor registrasi PK-RCX dinyatakan meninggal dunia.

Pesawat AMA berbadan kecil itu ditemukan Rabu sore (5/7) di sekitar Gunung Napua, Kampung Walaik, Kabupaten Jayawijaya.

Direktur AMA Papua, Djarot Soetanto menyebutkan siang ini proses evakuasi korban pesawat AMA menggunakan lima pesawat. Sebanyak tiga pesawat dari AMA, satu pesawat heli mission dan helikopter milik Freeport Indonesia.

“Pesawat dalam keadaan hancur. Bisa bayangkan, pesawat terbang dengan ketinggian dengan kecepatan 350 km/jam dan terkena hantaman benda keras,” ucap Djarot, Kamis (6/7).

Sementara cuaca di lokasi penemuan pesawat sampai siang ini mulai membaik, setelah pagi tadi terhalang gelap dan kabut. “Kita doakan semoga proses evakuasi dapat selesai hari ini,” ucapnya.

Dua kru pesawat AMA akan dievakuasi ke Jayapura dan tiga penumpang yang merupakan penduduk Distrik Darakma akan diserahkan kepada keluarga korban.

“Saat ini jenazah dalam proses evakuasi dari lokasi kejadian ke Wamena. Evakuasi ini juga dibantu oleh masyarakat setempat,” jelasnya.

Informasi dari masyarakat setempat, pesawat berbadan kecil itu jatuh di sebelah kiri Gunung Napua dekat Kampung Walaik, Kabupaten Jayawijaya.

Pesawat AMA tersebut hilang kontak 8 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Wamena. Pesawat yang terbang dari Wamena sekitar pukul 11.08 WIT, seharusnya tiba di Darakma sekitar pukul 11.30 WIT. (mk/as/l6***)

 

Print Friendly, PDF & Email