Pemko dan BP Batam Akan Bentuk Tim Untuk Pulihkan Ekonomi Batam

Salah satu landmark yang ada di Kota Batam (net)
Salah satu landmark yang ada di Kota Batam (net)

Batam (Marwahkepri.com) – Pemerintah Kota Batam bersama Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Batam akan membentuk tim khusus untuk memulihkan kondisi ekonomi Batam yang melemah tajam pada triwulan pertama 2017.

“Ada rencana. Bersama-sama kami memperbincangkan upaya menggairahkan ekonomi di daerah ini,” ucap Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (5/7).

Ide pembentukan tim bersama itu muncul dalam pertemuan terbatas antara Wali Kota-Wakil Wali Kota dengan Kepala dan Wakil Kepala BP Kawasan Batam, Selasa (4/7).

Dalam pertemuan tertutup, pimpinan dua institusi pemerintahan itu memperbincangkan masalah kondisi ekonomi Batam yang kian melemah.

“Kami sampaikan juga persoalan pertumbuhan ekonomi 2,02 persen. Kami sampaikan capaian kami dari BPHTB,” ucapnya lagi.

Amsakar masih enggan memberikan keterangan detail mengenai tim yang akan dibentuk, karena masih dalam tataran pembicaraan awal, masih diperlukan diskusi lebih mendalam.

Namun, menurut dia, tim itu sebaiknya bersifat sementara, untuk mendeteksi dan mengatasi masalah ekonomi.

“Tim tidak usah permanen, tapi sama-sama mencoba mengurai yang lebih teknis dan operasional,” katanya.

Ia berharap tim dapat melahirkan berbagai gagasan untuk menggairahkan kembali investasi dan ekonomi di Batam.

Tim akan mendiskusikan langkah-langkah nyata untuk mengembalikan gairah ekonomi di Batam.

“Harapan kami bisa kembali mengungkit gairah ekonomi Batam. Kami memiliki keprihatinan yang sama atas eskalasi di daerah ini,” terangnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia mengumumkan pertumbuhan ekonomi Batam hanya mencapai 2,02 persen, merosot tajam dibandingkan pada masa-masa kejayaan investasi di Batam yang mencapai 7 persen.

Dikabarkan pula, sejumlah warga pendatang juga sudah meninggalkan kota dan kembali ke daerah asalnya, karena pemutusan hubungan kerja dan sulitnya mencari pekerjaan baru. (mk/as/a***)