Stop Urus KTP ke Calo, Kalau Tidak Mau Seperti Ini !!!

Kantor Dinas Kependudukan Kota Batam yang terletak di Sekupang.
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DisdukCapil) Kota Batam yang terletak di Sekupang.

BATAM (Marwahkepri.com) – Wajah penuh penyesalan terpampang di raut muka Anwar Nasution (30) saat hendak mengurus surat pindah ke Dinas Pendudukan Kota Batam, Rabu (5/7).

Bukan karena pelayanan yang kurang bagus yang ia sesalkan, namun karena surat pindahnya tidak diterima dengan alasan data yang ia miliki tidak terdata di server Disdukcapil Kota Batam.

“Bapak kemarin mengurus KTP ini dimana,” tanya salah satu petugas di Disdukcapil.

Anwar mengaku KK dan KTP yang ia miliki kemarin dibantu di uruskan oleh seorang calo dengan memberikan sejumlah uang kepada calo tersebut.

“Kemarin calo yang ngurus pak,” jawab Anwar.

Anwar kira KK dan KTP yang ia gunakan selama ini asli, dia tidak menyangka menjadi korban penipuan dari calo, dan sekarang saat dia mau pindah kota, persyaratannya tidak bisa diterima.

“Saya udah hampir 8 tahun di Batam, dan ternyata saya cuma memakai KK dan KTP palsu, sedang data di Disduk tidak ada,” ungkapnya.

Dengan kejadian itu, M.Teddy Nuh, S.STP., M.Si Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menghimbau agar masyarakat yang ingin mengurus KTP Elektronik agar segera mengurusnya jika waktu yang dimiliki agak senggang, karena untuk mengurus surat – surat yang lainnya seperti mengurus Bank, BPJS, Paspor, SIM dan lain – lainnya membutuhkan KTP tersebut.

M.Teddy Nuh, S.STP., M.Si, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
M.Teddy Nuh, S.STP., M.Si, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

“Jangan sesekali mengurus KTP dari calo, kalau bisa uruslah sendiri, karena nanti bisa saja berkasnya tidak sampai, datanya kemungkinan bisa salah, dan uang pun sudah habis,” tutupnya.(mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.