Tonil, Hiburan Idul Fitri Masyarakat Sungai Pinang

Suasana pementasan Tonil, di balai desa Sungai Pinang, (Doc)
Suasana pementasan Tonil, di balai desa Sungai Pinang, (Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Sejumlah pelaku seni desa Sungai Pinang, kecamatan Lingga Timur berhasil menggelar pementasan drama komedian yang akrab disebut Tonil. Acara yang digelar dibalai desa Sungai Pinang sebagai hiburan suasana hari raya idul fitri, mampu memikat puluhan pasang mata warga desa, Kamis (29/06).

Pertunjukan tonil, layaknya sandiwara atau teater lengkap dengan kemasan komedi. Dalam hal ini sejumlah pelaku seni kalangan tua warga desa Sungai Pinang membuat hiburan malam yang digelar selama dua malam berhasil memecah tawa puluhan warga yang menyaksikan.

Warga terlihat antusias karena tonil itu menceritakan sedikitnya tentang kehidupan bermasyarakat. Suasana kemelayuan masih kental terasa dengan bahasa yang digunakan. Karakter yang lucu dari tiap pelaku seni membuat suasana seisi gedung balai desa riuh dengan tawa. Tonil ini juga terdapat unsur pendidikan keagamaan yang membangun.

Salah satu pelaku seni, Rajiman mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan inisiatif kawan-kawan guna mengisi kekosongan acara disuasana hari raya idul fitri 1438 H ini.

“Untuk menghibur sesama. Kita berharap semoga masyarakat terhibur,” papar dia.

Sementara disisi lain suksesnya pementasan ini dia sampaikan tidak melalui anggaran yang banyak. Acara digelar dengan dana suka rela.

“Kami juga minta secara ikhlas tiap penonton, nak kasihnya berapa. Nak Rp 1.000, 2.000 maupun 5.000,” kata dia.

Tidak hanya warga desa Sungai Pinang, beberapa warga sekitar juga turut menyaksikan.

Sementara salah satu penonton mengakui senang melihat pertunjukan teater tersebut. Tampilan pelakon yang lucu dia katakan berhasil memecahkan tawa seisi ruang, tidak terkecuali dirinya.

“Luculah, orang-orang tua memang pandai berlakon,” ujar dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.