Camat Bunguran Barat Safari Ramadhan ke Desa Binjai

IMG-20170617-WA0009
Camat menyerahkan Al quran kepada ketua muhibah ramadhan

Natuna (Marwahkepri.com) – Dalam rangka menjalankan kegiatan rutin setiap bulan ramadhan, camat Bunguran Barat Ferizaldy bersama rombongan mengadakan safari ramadhan di desa Binjai, Selasa (13/06/2017).

Kegiatan ini sudah menjadi tradisi, melaksanakan safari ramadhan ke berbagai masjid di wilayah Bunguran Barat. Pada malam ke 19 bulan puasa, Camat menyambangi masjid Al-Qaum, jalan Air Muruh.

Kedatangan Ferizaldy beserta rombongan disambut oleh Kepala desa Binjai Said Muhammad  Abdul Rosyid, Ketua BPD beserta Anggota, Sekdes, Kasi, Kaur dan Staf, Kadus, RW dan RT se Desa Binjai,  Tokoh masyarakat, Alim ulama dan masyarakat Binjai.

Acara dimulai dengan berbuka bersama dengan Rombongan Camat Bunguran Barat di kediaman Kades Binjai di lanjutkan dengan sholat magrib dan makan malam bersama.

Kades Binjai Said Muhammad Abdul Rosyid dalam sambutannya menyampaikan di Masjid Al-Qaum, kegiatan safari ramadhan ini di selaraskan dengan kegiatan muhibah ramadhan. Dengan kegiatan tadarus bersama  selama bulan ramadhan.

Peserta tadarus panitia muhhibah ramadhan mengundang sebanyak 14 mesjid yang ada di pulau Bunguran untuk mengirim perwkilanya.

“Kegiatan safari di desa Binjai ini di selaraskan dengan kegiatan muhhibah ramadhan pak camat, seperti tadarus bersama seusai shalat tarawih di setiap malamnya. untuk peserta tadarus panitia muhibah ramadhan mengundang perwakilan dari 14 Mesjid yang ada di pulau bunguran”, ujar Rosyid.

Untuk kegiatan keagamaan, Rosyid melaporkan, desa Binjai menganggarkan dana dari ADD dan DD sebesar Rp 48.347.047, dengan Rincian :

Kegiatan PHBI sebesar Rp 4.951.000 (ADD), Safari Ramadhan sebesar Rp 10.095.647 (ADD), Bantuan Masjid sebesar Rp 11.663.500 (ADD), Bantuan Surau Rp 9.316.000 (ADD), Bidang pendidikan TPQ sebesar Rp 12.320.000  (DD).

IMG-20170617-WA0006
Kades Binjai M.Rosyid duduk bersama Camat Ferizaldy

Sementara itu dibidang inprastruktur dasar, sekarang ini sudah hampir terpenuhi secara keseluruhan. Seperti jalan-jalan yang becek sudah dilakukan penimbunan dan pengerasan, bahkan untuk tahun 2017 ini ada pembukaan jalan baru menuju perkebunan masyarakat.

Sedangkan untuk penerangan, PLN sudah masuk sampai Ke RW II Desa Binjai.Hanya air bersih yang saat ini baru sampai di titik-titik keran umum dan belum sampai ke  rumah-rumah.

Untuk air bersih Rosyid berjanji, akan diupayakan tahun depan sambungan ke rumah sudah terealisasi.

Camat bunguran Barat Ferizaldi dalam sambutannya mengatakan, pembangunan desa sekarang lebih bergairah karena di kucurkan anggaran dari pusat dengan alasan insfrastrukturnya masih tertinggal.Sedangkan dari daerah diwajibkan menganggarkan 10% dari APBD untuk desa.

“Pembangunan desa sekarang lebih bergairah karena dikucurkan anggaran dari pusat ditambah 10% dari APBD.” jelas Camat Bunguran Barat.

Untuk Desa Binjai dulu jalan becek sekarang sudah bagus karena telah dilakukan penimbunan dan pengerasan, PLN pun sekarang sudah masuk.

Desa punya kewajiban untuk mendukung apa yang di butuhkan masyarakat, tetapi masyarakat juga harus mengetahuo bahwa desa juga punya batasan kewenangan dalam membangun.

Sambutannya ditutup dengan mengucapkan rasa bangga terhadap masyarakat karena telah beramai-ramai datang ke masjid, ini menambah meningkatkan tali persaudaraan dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

“Saya bangga terhadap masyarakat karena beramai-ramai datang kemesjid ini,hal seperti ini  sangat bagus untuk meningkatkan tali persaudaraan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. tutupnya”.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.