SMSI Gelar Rapat Pleno, Pengurus di Provinsi Harus Bekerja Keras

smsi

Jakarta (Marwahkepri.com) – Pengurus Pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar rapat pleno di Wisma Tamu Puspitek, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (8/6) guna membahas sejumlah isu penting, terutama yang terkait dengan pendataan dan verifikasi anggota SMSI di tingkat provinsi.

Rapat tersebut dihadiri belasan pengurus pusat, dan empat anggota Dewan Penasihat SMSI, di antaranya ekonom senior Rizal Ramli dan budayawan, Jaya Suprana.

“SMSI yang dideklarasikan tanggal 17 April 2017 sudah memiliki 20 cabang di provinsi. Semua pengurus di level provinsi telah mendapatkan SK penetapan pengurus dari SMSI Pusat,” Ucap Ketua Umum SMSI Teguh Santosa.

“Kini, pengurus SMSI di provinsi harus sungguh-sungguh melakukan pendataan, membuka pendaftaran dan melakukan verifikasi administrasi perusahaan media siber yang ingin menjadi anggota SMSI,” ucap Teguh yang didampingi Sekjen SMSI Firdaus.

Sementara, sambungnya, agar terdaftar sebagai konstituen Dewan Pers, SMSI harus memiliki setidaknya 15 cabang di provinsi, dan 200 anggota berupa perusahaan media siber yang memenuhi syarat untuk diverifikasi.

“Saat ini SMSI sudah memiliki cabang di 20 provinsi, dan tinggal merapikan anggota sehingga memenuhi syarat untuk diterima sebagai konstituen Dewan Pers,” jelas Teguh.

Teguh menekankan agar pengurus SMSI di provinsi bekerja lebih keras untuk mencapai target pendaftaran di Dewan Pers. “Insya Allah bulan September nanti kita daftarkan SMSI secara lengkap ke Dewan Pers,” ucapnya.

Anggota Dewan Penasihat SMSI Rizal Ramli, berpesan agar dalam mengejar hits berita tidak boleh mengabaikan hal yang paling esensial dari jurnalistik, yakni kebenaran faktual. Selain itu, media siber juga perlu menawarkan berbagai analisa yang konstruktif dan mencerdaskan masyarakat.

Rizal Ramli juga berpesan agar perusahaan media siber anggota SMSI memberikan perhatian serius pada berbagai peristiwa yang terjadi di daerah. “Media siber harus go local, memberikan ruang yang cukup bagi berita-berita daerah,” ujar Rizal Ramli.

Sementara Jaya Suprana berpesan agar media siber anggota SMSI untuk menjadi pelopor pemberitaan yang faktual dan kredibel. (mk/as)

Print Friendly, PDF & Email