Disperindag Pastikan Harga Sembako Normal Selama Ramadan

Pasar Mega Lagenda Batam Center.
Pasar Mega Lagenda Batam Center.

MATAKEPRI.COM, Batam – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam sudah melakukan pemetaan serta pemantauan di sejumlah pasar. Lembaga ini memastikan harga sejumlah kebutuhan pokok selama bulan ramadhan normal.

“Kita ingin menenangkan masyarakat dengan cara memastikan harga sembako normal, dengan cara melakukan pemantauan di sejumlah pasar bersama seluruh stakeholder terkait,” ujar Kepala Disperindag Kota Batam, Zarefriadi ketika diwawancarai di Batuaji, Senin (5/6).

Dia mengakui, kenaikan memang harga selalu menjadi agenda rutin ketika memasuki bulan ramadhan, sebab jumlah permintaan lebih besar dari jumlah stok barang di gudang, namun peran Pemerintah disini bagaimana memastikan ketersedian barang tersebut terpenuhi.

Dikatakannya, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar terjadi variasi harga, tetapi selisihnya tidaklah terlalu jauh. “Kalaupun ada gelombang harga itu bermain diseribu dan duaribu saja,” sampainya.

Demi memastikan stabilitas harga selama bulan ramdahan, Disperindag sendiri terus melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kesejumlah pasar di Kota Batam secara rutin. “Sidak terus kita lakukan, waktunya sendiri tidak menentu namun wajib sekali selama tiga hari, dan itu dilakukan diseluruh pasar di Kota Batam secara berganian,”katanya.

Ditambahkannya, Sidak dilakukan oleh internal Disperindag secara rutin serta melibatkan aparat kepolisian ketika dibutuhkan. “Jadi ketika mau turun kita kontak kepolisian untuk membantu namun tim sendiri tidak besar karena ditakutkan menganggu orang berjualan,”tandasnya. (*/hk)