Usia Lanjut di Tanjungpinang Naik 1.500 Orang

lansia

MARWAHKEPRI.COM, Tanjungpinang – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tanjungpinang, Soetjipto mengatakan bedasarkan pendataan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang jumlah orang lanjut usia (lansia) di kota ini mengalami kenaikan 1.500 orang dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan itu terjadi mulai dari Januari sampai Juni 2017.

“Sepanjang 2016 jumlah lansia sebanyak 18.157 orang. Namun terhitung dari Januari-Juni tahun ini sudah mencapai 19.657 orang atau naik 1.500 orang,” ujar Soetjipto, kemarin.

Jumlah lansia ini, lanjut Soetjipto akan terus bertambah dimasa mendatang. Mereka semua tersebar di empat kecamatan se-Tanjungpinang. Mulai dari Kecamatan Tanjungpinang Timur, Tanjungpinjang Kota, Tanjungpinang Barat dan Bukit Bestari.
“Pertambahan itu juga menjadi bukti bahwa kesejahteraan masyarakat juga semakin bertambah,” jelasnya.

Namun, lanjut Soetjipto kesejahteraan sosial lansia juga perlu mendapat perhatian khusus oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Perhatian itu wajib diberikan sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998.

Bahkan, sambung Soetjipto demi menghormati dan menghargai kehadiran orang tua atau lansia. Negara ini menetapkan setiap 29 Mei menjadi perayaan Hari Lansia Seluruh Indonesia.

“Kami juga memberikan perhatian khusus yaitu bantuan asistensi, meningkatkan pelayanan kesehatan, pembinaan keluarga lansia, panti jompo, dan menumbuh kembangkan keluarga lansia,” ungkapnya. (mk/bp)

Print Friendly, PDF & Email