3 ABK Akeng Belum Ditemukan, Lanal Dabosingkep Turunkan Tim WFQR-4

Proses pencarian korban kapal tenggelam di laut Cempa, Kamis (01/06).
Proses pencarian korban kapal tenggelam di laut Cempa, Kamis (01/06).

Lingga (marwahkepri. com) – Dengan melibatkan masyarakat setempat, pencarian 3 korban kapal trawl udang milik Akeng yang tenggelam diperairan desa Cempa dan Tanjung Datok, Kecamatan Senayang masih terus dilakukan satuan Patroli Keamanan Laut (Pakamla) Cempa, Jum’at (02/06).

Kades Cempa, Herman Atan mengatakan sejauh ini ketiga korban masih belum ditemukan. Dia membenarkan pencarian masih terus berlanjut. Namun disamping itu dia tegaskan kapal tersebut bukan merupakan kapal milik pengusaha desa Pasir Panjang, melainkan salah pengusaha dari Tanjungpinang.

 
“Kapal itu punya Akeng, pengusaha dari Tanjungpinang. Orang yang hilang itu juga semua orang sana. Kalau Aseng betol di Pasir Panjang. Tapi ini Akeng. Kapal itu kadang sering sandar, dipelabuhan Cempa juga,” papar dia ketika dihubungi yang sedang berada di Daik Lingga, Jum’at (02/06).

Meskipun begitu, batuan juga tetap dikerahkan guna kebaikan sesama. Bantuan datang melibatkan kedua pihak desa dibantu Pakamla TNI Cempa. Korban satupun masih belum ditemukan karena terkendala cuaca buruk, angin kencang dan gelombang laut tinggi.

Sementara menurut Kadispen Lantamal IV Tanjungpinang, Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno usai menerima laporan laka laut tersebut langsung memerintahkan untuk segera membantu pencarian sesuai laporan awal dari masyarakat nelayan setempat, dengan titik koordinat sekitar perairan Tanjung Dato.

“Danlanal mengerahkan Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Cempa milik Lanal Dabo Singkep ke lokasi kejadian sekitar pukul 13.00 WIB, langsung bergerak menuju lokasi kejadian,” kata Kadispen Lantamal IV, Mayor Laut Josdi Damopoli melalui siaran persnya, Jum’at (02/06) pagi.

Dia katakan proses pencarian ketiga korban ABK hingga pukul 19.45 WIB tadi malam oleh Patkamla Cempa belum membuahkan hasil. Patkamla Cempa tiba di dermaga Posal Cempa pukul 20.45 WIB untuk melaksanakan SAR lanjutan.

Untuk mempercepat proses pencarian, Lanal Dabosingkep menurunkan tim WFQR-4 meneruskan dan menginformasikan peristiwa kecelakaan tersebut kepada masyarakat nelayan sekitar perairan tersebut untuk membantu pencarian ketiga korban ABK yang masih hilang. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.