Pemko Batam Diminta Tertibkan Warnet

Dimas Budiman Sekjen Lasmura Kepri
Dimas Budiman Sekretaris Lasmura Kepri

Batam (Marwahkepri.com) – Tingginya pertumbuhan pengusaha warnet di Batam semakin hari semakin tidak terkordinir, makna dan maksud Pemerintah Kota Batam melahirkan aturan yang diterbitkan oleh Walikota dengan melahirkan Perwako yang mengatur perwarnetan ternyata belum maksimal, sehingga para pengusaha warnet nakal masih merajalela seperti biasanya.

Pertumbuhan warnet di Batam ini seperti jamur, tumbuh dimana – mana, sampai saat ini belum ada peraturan yang mengatur penertiban warnet tersebut.

Adapun perwako yang diterbitkan oleh Walikota Batam belum memberikan sebuah efek jera terhadap pelaku usaha warnet yang menampung anak – anak berseragam sekolah yang nongkrong di warnet.

Hal itu membuat Dimas Budiman Sekretaris Lasmura Kepri angkat bicara terkait aturan tentang perwarnetan yang ada di Kota Batam ini.

“Harusnya Pemerintah Kota Batam lebih tegas menertibkan warnet yang ada di Kota Batam ini, seperti jarak dan jumlah harus diatur, jangan semena – mena seolah – olah tidak memiliki aturan tentang perwarnetan itu sendiri, atau pemerintah mengatur melalui badan asosiasi yang menaungi para pengusaha warnet yang ada di Batam,”ujarnya.

Menurutnya, pemerintah Kota Batam wajib menggandeng wadah Asosiasi yang bisa menaungi warnet di Batam agar bisa dibangun kerjasama dalam menata dan menertibkan warnet di Batam.

Selain itu, Hendri salah satu pengusaha warnet juga merasa perwako yang diterbitkan oleh walikota belum memberikan dampak positif bagi para pengusaha warnet, malah menurutnya tidak adanya aturan yang jelas tentang penataan  jumlah dan kuota mengakibatkan warnet tumbuh subur bak jamur.

“Apa coba dampak positif dari perwako yang diterbitkan walikota,”ungkapnya

Dijelaskannya setelah perwako itu terbit , warnet di Kota Batam malah tumbuh subur dimana – mana seperti tidak adanya aturan, untuk itu sebagai pengusaha warnet, dia berharap agar pemerintah benar – benar memperhatikan para pengusaha warnet ini seperti bernaung di bawah asosiasi atau kelembagaan lainnya yang serupa agar pengusah warnet itu tidak seperti pengusaha liar.

Asosisasi atau kelembagaan ini biasanya memiliki peran penting dalam mensiasati pertumbuhan pengusaha warnet yang lebih terukur serta terkordinir.

Pemerintah Kota Batam juga tentunya harus memberikan kepercayaan penuh terhadap Asosiasi agar dapat menertibkan para pengusaha di Batam.(mk/wir)

Print Friendly, PDF & Email