Insiden di Laut Natuna, Coast Guard Vietnam Tahan ABK PSDKP ?

IMG-20170523-WA0020(2)
Penangkapan kapal ilegal fishing

Natuna (Marwahkepri.com) – Pengamanan laut Natuna kembali menuai insiden, setelah bentrok dengan coast guard China beberapa waktu lalu, kali ini petugas PSDKP yang sedang patroli melakukan pengamanan dihadang kapal coast guard Vietnam.

Insiden ini terjadi pada Minggu (21/05/2017), sekitar pukul 04.00 WIB. Bentrokan ini terjadi setelah kapal pengawas hiu macan membekuk kapal ikan Vietnam yang mencuri ikan di laut Natuna.

Dikabarkan, dalam insiden tersebut coast guard Vietnam menangkap dan menahan salah satu ABK kapal pengawas PSDKP. Hingga saat ini belum diketahui nasib awak kapal tersebut.

Insiden bentrokan dengan kapal coast guard Vietnam, dibenarkan Koordinator pengawas PSDKP Sabang Mawang Syaiful Anam. Satu orang awak kapal pengawas PSDKP masih ditahan pihak Vietnam.

Syaiful Anam mengatakan, kejadian ini sudah ditangani dan dilaporkan ke pusat.

“kejadian ini sudah ditangani dan cepat kita laporkan ke pusat”.

Sebelum kejadian ini Kapal Pengawas Hiu Macan 01 berhasil mengamankan lima kapal ikan nelayan asing berbendera Vietnam di perairan Natuna. Dengan jumlah 44 ABK dan nakhoda. 44 ABK lalu diamankan di kapal pengawas.

Disinilah terjadi insiden, dimana salah satu kapal yang tertangkap ditabrak oleh coast guard Vietnam hingga rusak.

Salah satu petugas yang menjaga para nelayan bernama Gunawan ditangkap Coast Guard Vietnam. Ada sekitar 33 orang nelayan Vietnam juga kabur menggunakan kapal coast guard Vietnam.

Kejadian serupa kembali terulang setelah insiden dengan coast guard China beberap waktu lalu. Ironinya, hal ini terjadi ditengah pemerintah sedang giat membangun Natuna, terutama di bidang pertahanan keamanan. Latihan perang tiga matra TNI berjuluk Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) yang baru saja selesai, sepertinya tidak membuat negara tetangga gentar.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.