Pemerintah Putuskan Bongkar Landing Station PT Sacofa di Natuna dan Tarempa

IMG_20170522_135841
Kunjungan Panglima TNI ke PT.Sacofa di Natuna

Natuna (Marwahkepri.com) – Pemerintah akhirnya mengambil langkah tegas menutup keberadaan base camp atau landing station Serawak Gateway SDN BHD PT Sacofa di Tarempa Kabupaten Anambas dan Penarik Kabupaten Natuna.

Penutupan kedua lokasi base camp kabel serat optik telekomunikasi milik perusahaan Malaysia itu disampaikan oleh pemerintah Rebuplik Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI kepada pemerintah kabupaten Natuna agar melakukan persiapan pembongkaran base camp PT Sacofa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Natuna, Raja Darmika menjelaskan pembongkaran landing station PT Sacofa di Penarik berdasarkan perintah dari pemerintah pusat, melalui Kemenkopolhukam yang disampaikan kepada Pemkab Natuna.

“kemaren hari Kamis tanggal 18 mei, Menkopolhukam mengundang Pemkab Natuna, membahas tindak lanju keberadaan landing station PT Sacofa di Natuna”, Ujar Raja Darmika di Gedung Sri Srindit Ranai Sabtu (20/05/2017) usai menghadiri pengukuhan TP3N.

Hasil dari rapat tersebut, pemerintah tegas bahwa base camp atau landing station PT Sacofa di Penarik akan dibongkar.

“waktu pembongkaran segera, nanti ada pemberitahuan dari Menkopolhukam ke Pemkab, kita tunggu saja nanti”, terangnya.

IMG_20170522_140411
Raja Darmika

Rencana awal kata Raja Darmika pembongkaran akan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2017. Namun sepertinya pihak Sacofa meminta waktu untuk membahas ditingkat internal mereka. Namun keputusan tidak berubah, pemerintah tetap melakukan pembongkaran landing station Sacofa di Penarik.

Dikatakan Darmika, alasan pemerintah bersi kukuh membongkar base camp Sacofa di Natuna, karena ada beberapa perjanjian yang dilanggar oleh Sacofa, terutama menyangkut masalah unclose 1982 yang mengizinkan negara menggelar kabel bawah laut.

Tapi sacofa menyalahi aturan mendaratkan kabel tersebut, didarat. “itu saja yang menjadi keberatan pemerintah kita, karena sacofa tidak patuh terhadap aturan yang ada”, terangnya.

Saat ini, izin operasi PT Sacofa di Natuna sudah dicabut oleh Kementerian Perhubungan atas dasar itu, maka Menkopolhukam memutuskan melakukan pembongkaran landing station yang ada dipulau Natuna dan Anambas. Berikut laporan tentang hasil rapat pembongkaran landing station PT Sacofa di Natuna.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email