Sanggar Tari Megat Syah Alam dan Sanggar Seni Langgam Selatan Jadi Perwakilan Lingga Ke Provinsi

Pemenang Parade Tari Daerah Tingkat Kabupaten Lingga Tahun 2017, Juara I, II, III dan IV , Sabtu (13/05) malam.
Pemenang Parade Tari Daerah Tingkat Kabupaten Lingga Tahun 2017, Juara I, II, III dan IV , Sabtu (13/05) malam.

Lingga (marwahkepri.com) – Sangar Megat Syah Alam dan Sanggar Seni Langam Selatan dipercaya sebagai perwakilan Kabupaten Lingga ketingkat parade tari provinsi setelah berhasil raih juara I dan II pada kompetisi parade tari daerah tingkat Kabupaten Lingga tahun 2017 yang digelar dilapangan Krida, Daik Lingga. Acara yang menampilkan tarian kreasi dari delapan sanggar di Kabupaten Lingga tersebut, ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, M Ishak, Sabtu, (13/05) malam.

Pada kesempatan itu, M Ishak mengucapkan selamat kepada pemenang yang berhasil menjuarai ajang seni budaya musik dan tari ini. Dan ucapan terimakasih kepada panitia berserta unsur-unsur lain yang terlibat dalam terlaksananya parade tari daerah 2017, walaupun didukung dengan anggaran tidak memadai.

“Sebagaimana bapak juri katakan tadi, saya sudah meninggal kebudayaan selama 6 tahun, dan kali ini saya ditempatkan lagi di kebudayaan. Sudah 2 tahun tidak terlaksana RSBM (Rampai Seni Budaya Melayu) akibat keterbatasan anggaran. Memang tahun 2015 dan 2016 kondisi keuangan kita sangat terpuruk,” kata dia.

Dia mengakui banyak kekurangan dalam penyelenggaraan kali ini akibat keterbatasan anggaran. Namun dengan telah berdirinya Dinas Kebudayaan yang fokus dalam bidang kebudayaan, harapannya penyelenggaraan seperti ini kedepan dapat dikemas lebih baik lagi dan semaksimal mungkin. Dengan harapan tidak hanya tarian kreasi yang dilombakan namun juga tarian tradisi.

“Dari rangkaian yang digelar selama dua hari ini, kita melihat masih ada 4 Kecamatan yang belum mengirimkan peserta. Kita memaklumi beban yang berat dari Kecamatan untuk dapat mengirimkan peserta. Kedepan mudahan ini menjadi masukan kami baik untuk pembinaan maupun kelancaran acara. Kita berharap ada perbaikan setiap tahun, apalagi 2 tahun tidak ada RSBM,” lanjut dia.

Dengan diumumkan pemenang atas keputusan dewan juri, dia berharap dua sanggar yang berhak menjadi delegasi Kabupaten Lingga pada parade tari daerah tingkat provinsi yang akan digelar di Kabupaten Bintan pada Juli mendatang, dapat mengulang kembali sejarah dimana dua sanggar keterwakilan Kabupaten Lingga pernah menjadi juara 1 dan 2 di Kepri.

“Mudah-mudahan dua sanggar ini dapat mengulang kembali sejarah menjadi juara 1 dan 2 di Kepri,” harapnya.

Adapun dari sembilan perserta parade tari, Sanggar Megat Syah Alam meraih juara I. Sementara Sanggar Seni Langgam Selatan sebagai perwakilan Kecamatan Singkep yang keluar sebanyak dua peserta tari yakni peserta A dan B menyusul diurutan ke II dan ke III. Sedangkan diurutan ke IV diperoleh Sanggar Sri Pelangi dari Kecamatan Lingga. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.