Gedung Utama Pelayanan RoRo Penarik Ludes Terbakar

 

Gedung Utama RoRo Penarik terbakar, Selasa (09/05) malam.
Gedung Utama RoRo Penarik terbakar, Selasa (09/05) malam. (Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Gedung kantor ruang utama pelabuhan RoRo Penarik ludes dimakan api pada pukul 23.00 WIB, Selasa (09/05). Tidak ada korban jiwa, namun satu bangunan pemerintah khusus pelayanan masyarakat rusak total dengan perkiraan kerugian sebanyak dua ratus juta.

Menurut keterangan kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Yusrizal mengatakan sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang merusak fasilitas negara tersebut. Dari keterangan penjaga malam staff Dishub yang waktu itu berjaga, dia katakan api bermula dari atas atap gedung.

‘Sumber api terlihat pertama kali dari atap gedung, namun penyebabnya belum kita ketahui, itupun menurut keterangan penjaga malam yang ditugaskan, sementara penyebab nya belum bisa kita ketahui scara pasti,” kata dia ketika dimintai keterangan.

Gedung utama yang kesehariannya dipergunakan untuk aktifitas kegiatan admistrasi kapal ASDP RoRo kini rusak sebagian besarnya. Amukan api bahkan melalap semua kelengkapan pelayanan alat kantor yang tersedia dalam ruangan tersebut.

Api melalap dengan cepat. Pintu pagar yang terkunci menyebabkan pihak Damkar yang bergegas datang membantu pemadaman sedikit terkendala.

Atas insiden ini, pelayanan aktifitas pelabuhan dan kapal dipastikan terkendala hingga harus diadakan aktifitas darurat diruang tunggu dengan teknis seadanya.

Lebih lanjut Yusrizal katakan pelabuhan RoRo ini belum dilengkapi dengan aliran listrik dari PLN. Untuk penerangan malam, pihaknya hanya menggunakan mesin genset sebagai sumber energi listrik dan aktifitas lainnya.

“Itupun baru digunakan hanya untuk fasilitas gedung dan derek turun naiknya jembantan mobile breake kapal RoRo saat ada aktifitas. Kalau tidak ada aktifitas mesin genset tidak difungsikan,” jelas dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email