Bersama Dinkes Provinsi, Dinkes Lingga Lakukan Pengambilan Sample Makan Siap Saji Dipasar Dabo

Ilustrasi makanan siap saji (net)
Ilustrasi makanan siap saji (net)

Lingga (marwahkepri.com) – Mendampingi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi, Dinkes Lingga lakukan pengambilan sample makanan produksi masyarakat yang siap saji di wilayah pasar ikan dan pasar sayur di Dabosingkep, Kecamatan Singkep. Kegiatan tersebut dalam rangka pengkajian guna menilai kualitas kesehatan makanan siap saji yang dibuat masyarakat, Selasa (09/05).

Penelitian dalam kajian sampel untuk menghindari makanan yang mengandung borak dan formalin. Sehingga jika dikonsumsi dapat memberi efek positifnya bahkan suplay gizi.

Edwin, staf bagian Keslingkesjaor Dinkes Lingga mengatakan kunjungannya ke dua pasar tersebut hanya sebatas pendampingan untuk melakukan kajian penilaian kualitas makanan.

“Kita hanya mendampingi saja. Yang punya hajat adalah Dinkes Provinsi dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKPLPP), kata Edwin.

Menurut Edwin, pihak BTKPLPP dalam kegiatan ini hanya mengambil sample untuk pengkajian dan hasilnya baru diketahui tiga hari ke depan.

Pengambilan sample ini, dia katakan guna menelaah apakah ada penggunaan zat kimia yang dilarang seperti borak dan formalin, terutama makanan yang dikonsumsi langsung masyarakat.

“Disamping pengambilan sample, juga sekaligus memantau mengenai kebersihan lingkungan, serta sosialisasi kepada penjual, pembeli dan produsen,” ujar dia (mk/arp/r).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.