Jokowi : Indonesia Adalah Rumah Bagi Para Jurnalis

Jokowi saat menghadiri acara World Press Freedom Day 2017 Rabu (3/5).
Jokowi saat menghadiri acara World Press Freedom Day 2017 Rabu (3/5).

Jakarta (Marwahkepri.com) “Selamat datang di Indonesia, rumah bagi jurnalisme yang paling terbuka dan paling bersemangat di dunia,”.

Hal Itu diungkapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam acara World Press Freedom Day 2017 di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/5).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Indonesia adalah rumah bagi para jurnalis. Negara dengan aura jurnalisme paling terbuka dan bersemangat ada di Indonesia.

Indonesia memang pernah mengalami krisis ekonomi yang sangat pelik pada tahun 1997. Saat itu, pertumbuhan ekonomi minus 15 persen. Namun, Jokowi menilai di balik kondisi itu, lahirlah sebuah pemikiran kritis yang membuat masyarakat semakin kuat dan dinamis.

“Demokrasi dan ekonomi yang mengacu kepada pasar serta yang paling penting kebebasan politik, termasuk kebebasan mengemukakan pendapat dan kebebasan pers,” ucapnya.

Jokowi melanjutkan, sejak saat itu,  Indonesia terus bangkit sampai pada pencapaian pertumbuhan ekonomi hingga 300 persen. Selain itu, empat kali pergantian pemerintahan selama 20 tahun terakhir juga berjalan baik. Layanan global, bahkan menyebut masyarakat Indonesia sebagai masyarakat paling optimis di dunia.

“Saya ingin mengatakan kepada Anda para insan pers nasional dan kepada Anda sekalian para insan media internasional, kita tidak dapat melakukannya tanpa partisipasi Anda. Sekali lagi kita tidak dapat melakukannya tanpa partisipasi Anda sekalian,” ucap Presiden. (mk/as/l6***)