Pengumuman Hasil Ujian, SMAN 1 Lingga Lulus Seratus Persen

Pembagian Kertas pemberitahuan Kelulusan SMAN 1 Lingga, Daik Lingga, Selasa (02/05)
Pembagian Kertas pemberitahuan Kelulusan SMAN 1 Lingga, Daik Lingga, Selasa (02/05) sore.

Lingga (marwahkepri.com) – Pengumuman hasil kelulusan siswa siswi SMAN 1 Lingga kelas XII tahun ajaran 2017 berjalan lancar. Siswa-siswi dinyatakan lulus seratus persen setelah melewati Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Selasa (02/05) sore.

Kepala sekolah SMA 1 Lingga, Fezi Karyadi, S.Pd, M.Pd mengatakan tahun ini siswa-siswinya lulus semua. Meski begitu, dia mengakui hasil kelulusan yang diterima siswa siswi tahun ini juga belum maksimal dari yang diharapkan.

“Kita berharap hasilnya lebih baik dari tahun sebelum. Tapi tahun ini masih sama dengan tahun lalu. Nilai masih belum memuaskan, ada yang lebih rendah dari hasil tahun lalu,” jelasnya.

Hal ini dia sampaikan akan menjadi tugas bersama kedepan dalam pembenahan pendidikan, terkhusus untuk SMAN 1 Lingga.

Selain itu disampaikan, minat dan semangat siswa-siswi dalam menghadapi USBN dan UNKP juga cendrung kurang, hal ini tampak dari pra USBN dan UNKP dimana terobosan-terobosan yang diadakan pihak sekolah tidak semua rutin mengikuti.

Dia sampaikan untuk nilai kelulusan SMA sederajat, Kabupaten Lingga berada diperingkat ke-6 dari 7 Kabupaten/Kota yang ada di Kepulauan Riau. Peringkat ini masih sama dengan hasil tahun lalu.

“Jadi ada yang beda, kalau dulu kita dikasih tau, sekolah mana yang nilainya tinggi. Siswanya berhasil lulus dengan nilai tertinggi. Kalau sekarang tidak, kami cuma dikasih tau peringkat se-Kabupaten. Jadi Lingga masuk peringkat 6 dari 7 Kabupaten Kota di Kepulauan Riau. Dibawahnya ada Anambas. Hasil ini masih sama dengan tahun lalu,” jelas dia.

Sementara untuk pelajaran yang diujiankan pada UNKP juga berbeda. Tahun ini siswa-siswi diminta memilih dari salah satu mata pelajaran kejurusan disamping tiga mata pelajaran wajib yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Selebihnya sisa mata pelajaran kejurusan akan diujiankan pada USBN bersama mata pelajaran umum.

“Tahun ini siswa yang diminta memilih sendiri mata pelajaran apa yang disuka pada jurusannya. Misal jurusan IPA, kalau anak itu suka Biologi dan memilih Biologi untuk diujiankan pada UNKP makan cukup Biologi, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris jadi cuma 4, kalau dulukan 6 mata pelajaran. Dan sisanya tadi ada Fisika dan Kimia diujiankan pada USBN bersama mata pelajaran umum,” jelas dia.

Untuk kelulusannya dia sampaikan lebih banyak berpihak kepada pihak sekolah yakni dua puluh persen dari pusat dan delapan puluh persen dari sekolah.

Sementara menyinggung soal kelanjutan siswa-siswi kejenjang perguruan tinggi dia akui antusias siswa-siswi tinggi. Saat ini, ada 38 siswa yang mangajukan SNMPTN dan 15 siswa sudah terdaftar. Selain itu ada juga yang mengikuti dari jalur PBUD.

“Kiata masih akreditasi B, jadi untuk jumlah yang boleh ikut SNMPTN juga dibatasi,” ungkap dia. (mk/arp)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.