Polres Lingga Ajukan Sektor Pancur Guna Peningkatan Pengamanan

Pancur, Lingga Utara (Doc)
Pancur, Lingga Utara (Doc)

Lingga (marwahkepri.com) – Demi meningkatkan kinerja pengamanan wilayah hukum, Polres Lingga akan menambahkan satu sektor diwilayah Pancur, Kecamatan Lingga Utara. Keberadaan Polsek tersebut, dianggap penting dikarenakan wilayah Pancur padat dengan beragam aktifitas, sebagai langkah dalam meminimalisir tingkat kriminalitas.

Keberadaan wilayah kelurahan pancur yang di apit oleh sungai Resun dan Sungai Besar, serta letaknya berdekatan dengan pulau pulau kecil berpenghuni. Menjadikan wilayah Pancur sebagai daerah tersibuk di wilayah Lingga Utara.

Hampir semua sembako yang dibutuhkan masyarakat Lingga dan masyarakat pulau hampir semua tersedia. Tidak hanya itu beberapa kapal barang juga banyak melakukan bongkar muat barang di wilayah Pancur, serta Pancur juga selalu disinggahi kapal ferri dari Tanjungpinang.

Dengan beragamnya aktifitas tersebut Kapolres Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi membenarkan kalau salah satu Polsek yang akan diajukan adalah Polsek Pancur di Kecamatan Lingga Utara. Ini dilakukan guna meningkatkan pengamanan wilayah kerja Polres Lingga.

“Ini penting, Pancur itu pada aktifitas. Sementara jangkauan pengamanan Polsek Daik itu dirasa sulit mengkapper untuk wilayah seluas itu, belum lagi di Lingga Timur,” kata dia saat coffe morning dengan media di Dabosingkep, Kamis (27/04).

Sebelumnya beberapa waktu lalu pihak Polres Lingga sudah melakukan dan mulai membangun pos polsubsektor Daik di desa Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur untuk peningkatan pengamanan wilayah tersebut.

Peningkatan kerja pengamanan wilayah hukum Polres Lingga dilakukan mengingat jumlah penduduk di Kabupaten Lingga yang hingga saat ini sudah hampir mencapai 100 ribu jiwa, yang terbagi di 10 kecamatan.

Sejak berdirinya Kabupaten Lingga 13 tahun yang lalu, Polres Lingga hanya memiliki 4 Polsek untuk pengamanan wilayah sektor. Sektor tersebut diantaranya Polsek Dabo, Polsek Raya Singkep Barat, Polsek Daik Lingga, dan Polsek Senayang. Terlebih Polsek Daik Lingga, yang memilki wilayah hukum di 4 Kecamatan meliputi Kecamatan Lingga, Lingga Timur, Lingga Utara dan Kecamatan Selayar. (mk/arp)