Puting Beliung Mengamuk, Astaka STQ Natuna Porak Poranda

IMG20170427121145
Kondisi astaka setelah diterpa angin puting beliung

Natuna (Marwahkepri.com) – Hujan lebat disertai angin puting beliung melanda kawasan masjid agung Natuna, Kamis (27/04). Akibatnya astaka Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Natuna menjadi porak poranda ulah dahsyatnya terjangan puting beliung.

Saksi mata Taufik Ismail mengatakan, angin puting beliung terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Kejadian ini sontak membuat para kafilah dan petugas di areal STQ berhamburan.

Kejadian ini berlangsung selama kurang lebih 5 menit, akibatnya banyak posko dan warung pedagang rusak parah. Diperkirakan angin puting beling terpusat di kawasan masjid agung.

“Kejadiannya sekitar pukul 11 lewat bg, berbarengan dengan hujan lebat tadi. Lumayan lama juga, ada sekitar 5 menitan. Kami cukup kaget karena kejadiannya datang tiba-tiba”.

Anggota Satpol PP Natuna yang bertugas dilapangan, Musa Al Bakri mengatakan, tenda tenda dihalaman masjid agung sempat terangkat sebelum akhirnya tumbang. Kursi berserakan ditiup angin.

Ketua pelaksana STQ Natuna ke IX, Syaripudin mengatakan, waktu kejadian ia sedang rapat di kantor bupati. Setelah mendapat kabar dari petugas di lapangan, ia langsung meninjau ke masjid agung.

Kendati banyak yang rusak, Syaripudin mengatakan tidak akan mengganggu jadwal perlombaan. Untuk kegiatan yang dilaksanakan di Asataka akan dialihkan kedalam masjid.

“Tadi waktu kejadian, saya lagi rapat di kantor bupati, setelah dapat kiriman foto, saya turun. Kalau dampaknya pasti ada, tetapi tidak akan menghambat acara yang sudah dijadwalkan”.

Pihaknya tidak akan melakukan perbaikan lagi terhadap kerusakan astaka, mengingat waktu pelaksanaan STQ tinggal satu hari. Akan dimanfaatkan fasilitas yang ada terpenting jadwal STQ tidak molor.

Beruntung, waktu kejadian tidak ada perlombaan sedang berlangsung di astaka, sehingga tidak menimbulkan korban. Rencananya, penutupan juga akan digelar di dalam masjid agung.

Pantauan Marwahkepri.com dilapangan, kuatnya terjangan angin membuat pohon di taman masjid agung menjadi tercabut dan tumbang. Puluhan warung pedagang rusak parah, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini petugas sedang merapikan kursi dan tenda.(nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.