Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Se-Kepri Tanggal 2 Mei Mendatang

Pengumuman-Hasil-UN-SMA-SMK-MAN-2014-600x300

 

Tanjungpinang (Marwahkepri.com) – Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Atmadinata mengatakan pengumuman kelulusan siswa-siswi SMA/SMK/sederajat rencananya pada 2 Mei 2017 mendatang.

Ia menjelaskan, mekanisme pengumuman kelulusan tersebut nantinya akan dilakukan di sekolah masing-masing. Namun, seperti biasa untuk menghindari euforia kegembiraan yang berlebihan dari siswa, maka pengumuman kelulusan akan diumumkan pada sore hari sekitar pukul 16.30.

“Diumumkan di sekolah masing masing pada pukul 16.30 WIB. Kita umumkan sore, untuk menghindari konvoi berkepanjangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, walau Ujian Nasional (UN) pada tahun ini tidak menjadi penentu kelulusan siswa, tapi tidak mengurangi esensi dari ujian itu sendiri. Para siswa yang telah menghadapi UN tidak bisa anggap “enteng”.

“Jadi, untuk menentukan kelulusan siswa, para guru di masing-masing sekolah sangat berperan penting. Penilaiannya pun bukan cuma pada ujian itu saja, tapi juga sikap dan prilaku siswa sehari-hari,” tukasnya.

“Walaupun sekolah punya andil besar dalam menentukan kelulusan, para siswa tidak boleh juga berleha-leha. Penilaian tetap akan objektif. Kalau tidak mumpuni, yaa tidak lulus,” tambahnya lagi.

Untuk diketahui, dalam penentuan hasil kelulusan siswa, ada dua hasil ujian yang menentukan yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan ujian sekolah itu sendiri. USBN merupakan soal yang materi pembuatannya diserahkan kepada Pemprov untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP.

Kendati demikian, lanjut Atmadinata, ia berharap sekaligus optimis angka kelulusan siswa SMA/SMK/sederajat mencapai 100 persen. (mk/mn)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.