Polwan Tak Kalah Garangnya Kendarai Moge Untuk Sambut Hari Kartini

sambut-hari-kartini-polwan-tak-kalah-garangnya-kendarai-moge_m_124768

Jawa (Marwahkepri.com) – Sepuluh sosok Polisi wanita (polwan), meskipun berperawakan feminim namun saat mengendarai sepeda motor gede (moge) tetap terlihat garang dengan tunggangannya. Kegiatan itu bagian kampanye keselamatan berkendara kepada masyarakat yang dilakukan personel Polwan dari Satlantas Polrestabes Surabaya.

Sepuluh personel polwan itu menyasar pengendara perempuan untuk diberikan sosialisasi safety riding pada tanggal 21 april besok. Kalangan perempuan itu sengaja jadi sasaran kampanye keselamatan berkendara, karena mereka terkadang masih terlihat grogi ketika mengendarai motor maupun mengemudikan mobil.

Tak jarang kaum hawa ini lupa dengan perlengkapan berkendara. Seperti halnya Annisa Wanda. Mahasiswi di salah satu Universitas Swasta di bilangan Surabaya Selatan itu sempat kaget saat dihentikan oleh polwan. Dia berpikir bahwa polisi bakal menilangnya. “Ternyata saya lupa masang tali helm. Polwannya baik, saya salah tapi malah dikasih souvenir handuk,” ucap perempuan berusia 21 tahun itu.

Keramahan polwan seperti itulah yang dinantikan masyarakat. Selama ini, tak sedikit pengendara yang takut saat ketemu polisi. “Kalau polisinya ramah semua, tentu semua merasa aman dan nyaman,” lanjutnya.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Adewira Negara Siregar memaparkan, kegiatan itu merupakan inisatif dari para polwan sendiri. Mereka ingin membuktikan bahwa polwan bisa mengabdi ke masyarakat. Meskipun berkawan dengan debu jalanan, dan berisiko tinggi terkena polusi udara, polwan Satlantas Polrestabes Surabaya itu tidak gampang mengeluh.“Mereka adalah sosok kartini masa kini. Mereka jadi inspirator bagi perempuan lain, tegas ketika bertugas, tapi tetap lemah lembut mempertahankan citra wanita,” papar alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1999 itu.

Sifat fundamental wanita yang mengayomi itu juga ditunjukkan ketika mereka berbagi kebahagiaan. Salah seorang polwan bernama Bripda Yurike sempat memberikan sebotol air mineral seusai berpatroli. Turun dari mobil patroli, dia mendatangi seorang perempuan tua. Perempuan tersebut sehari-hari bekerja sebagai tukang kebersihan di area Taman Bungkul. (mk/mn)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.