Masa Percobaan Ahok Dua Tahun Dituntut Satu tahun Penjara

1333917942

 

Jakarta (Marwahkepri.com) – Terkait kasus penistaan agama Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan tuntutan hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan Ahok selama dua tahun.

“Menuntut menyatakan Ahok terbukti bersalah dengan menyatakan permusuhan, penghinaan sebagaimana dalam pasal 156 KUHP, menjatuhkan pidana penjara satu tahun,” jelas jaksa.

Hal tersebut dibacakan oleh Jaksa dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Gedung Auditorium Kementerian, Jakarta Selatan, Kamis, (20/4/2017).

Hal yang meringankan terdakwa Ahok adalah sikap Ahok yang sopan di persidangan. Jaksa juga menjelaskan dalam tuntutannya hal yang memberatkan terdakwa adalah menimbulkan keresahan dan kesalahpahaman di masyarakat.

Dalam kasus penistaan agama ini, terdakwa Ahok didakwa telah melanggar pasal 156 KUHP tentang penodaan agama dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun.

Adapun bunyi pasal tersenut adalah barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. (mk/mn)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.