APDESI Natuna Diharapkan Dapat Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

images (9)Natuna (Marwahkepri.com) – Kehadiran Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Natuna diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, sehingga dapat memediasi dan mencari solusi atas segala permasalahan ditingkat desa.

APDESI cabang Natuna telah terbentuk, Muscab yang dilaksanakan di RM Sisi Basisir belum lama ini, mencetak Zaidan (Kades Cemaga Tengah) sebagai Ketua APDESI Natuna periode 2017-2021. Zaidan unggul 3 suara dari pesaingnya, Hermanto (Kades Sungai Ulu).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Kabupaten Natuna, Indra Joni mengatakan, program percepatan pembangunan pedesaan mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat. Bahkan triliyunan rupiah sudah dikucurkan untuk percepatan pembangunan wilayah perbatasan, khususnya Natuna.

Natuna yang dikenal dengan daerah 5 T yakni, Terdepan, Terjauh, Termahal, Tertinggal dan Terisolasi. Membuat pemerintah pusat memberikan perhatian lebih terhadap Natuna. Secara Nasional upaya tersebut dimulai dari perpecepatan pembangunan desa dikenal dengan program “Desa Membangunan”.

“Kalau dulu kita kenal membangun desa Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN sebesar 10 persen dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD sebesar 10 persen”.

Tentu, untuk meningkatkan percepatan pembangunan desa tersebut tidak terlepas dari peranan para Kepala Desa. Guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, pada era presiden Pak Jokowi ini penerimaan anggaran setiap Desa mencapai satu  Milyar lebih tergantung indikator IKG desa tersebut.

Begitu juga dengan Pemkab Natuna untuk bisa bersinergi antara pemerintah pusat dan daerah mampu menciptakan desa yang mandiri, berkualitas dan berdaya saing. Namun, disamping itu tak dipungkiri juga masih ditemui kendala-kendala desa dan permasalahanya harus dicarikan solusinya.

“Saya berharap kehadiran APDESI Natuna ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mediasi dan memfasilitasi,mencari solusi dan mengatasi permasalahan desa. Sehingga percepatan pembangunan desa di Natuna dapat terlaksana dengan baik”, ujarnya.

Muscab APDESI Natuna juga diselaraskan dengan pemilihan Ketua FKD. Disepakati sesuai azas musyawarah mupakat, menunjuk Hermanto sebagai Ketua FKD Natuna periode 2017-2021.(nang)