Satelit Telkom 3S Bakal Dioperasikan Dari Natuna

images (8)Natuna (Marwahkepri.com) – Pemerintah pusat terus menggenjot pembangunan di Kabupaten Natuna sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi membangun dari pinggiran. Kali ini Natuna mendapatkan kesempatan sebagai daerah pengoperasian Satelit Telkom 3S, sekaligus mengucurkan anggaran sebesar Rp 160 milyar.

Hal itu diketahui disela – sela konferensi melalui video tayangan langsung dari Menteri BUMN, Rini Soemarno di Pelabuhan Tanjung Kecamatan Bunguran Timur Laut, Senin 17 April 2017 sekitar pukul 10.00 WIB.

Peresmian satelit 3 S ini juga menjangkau luasan se Asia Tenggara yang dipergunakan langsung melalui video conference yang dibuka oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN) Rini M. Soemarno dari pusat pengendali satelit di Cibinong, Jawa Barat ke Natuna, Kalimantan dan Papua dengan tujuan menjangkau pelosok negeri membangun masyarakat terutama di daerah perbatasan dengan digital dari milik Telkom Indonesia.

Di lokasi pelantar Pelabuhan Tanjung – Natuna itu juga, tampak turut menyaksikan yakni Deputi Eksekutif Infrastruktur Telkom Regional 1 Medan, Muhkni, Telkomsel Vice President ICT NM Area Sumatera, Ronny Armaz, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Natuna, Raja Darmika, Ketua Nelayan Tanjung, Andi, Apratur Desa dan Masyarakat serta perwakilan dari Siswa SMA 1 Bunguran Timur Laut.

Dalam acara tayang langsung dengan Menteri BUMN tersebut, Kabupaten Natuna mendapat kesempatan berbicara langsung. Dalam kesempatan itu, Ketua Nelayan Tanjung, Andi berharap, dengan peluncuran satelit 3 S ini bisa dapat dinikmati nelayan Natuna dengan menggunakan internet untuk langsung mencari lokasi spot ikan.

Natuna merupakan pengguna Telkomsel paling banyak dari provider lainnya di Natuna. Dalam hal ini, Telkomsel melakukan peningkatan sarana komunikasi. Telkom melalui Telkomsel dan Metrasat untuk mendukung Nawacita Presiden Jokowi. Dalam hal ini Telkomsel secara resmi akan menggunakan Satelit 3 S Telkom, sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat Natuna.

“Dari 75 ribu orang, jumlah populasi di Natuna pengguna Telkomsel sebanyak 62 ribu orang. Didukung bandwidth 800 Mbps dengan 48 tower BTS, diantaranya 30 tower 2G, 17 tower 3G dan satu tower 4G. Dan akan meningkatkan layanan Telkomsel dari Satelit 3 S Telkom,” papar Vice President Telkomsel Area  Sumatera, Ronny saat video conference dengan Menteri BUMN, Rini.

Melalui video tayangan langsung tersebut, Menteri BUMN Rini mengaku akan segera berkunjung ke Kabupaten Natuna.

“Dalam waktu dekat ini saya akan berkunjung ke Natuna, dan terimakasih kepada Telkomsel yang dapat membantu nelayan sehingga dapat menggunakan internet di laut untuk mencari ikan,” ucap Menteri BUMN, Rini.

Sementara, Deputi Eksekutif Infrakstruktur Telkom Regional 1 Medan, Muhkni mengatakan dalam peningkatan layanan Telkom di Natuna, pihaknya akan mengambil solusi untuk peningkatan bandwitdh sebelum proyek Palapa Ring Barat siap pada tahun 2018 mendatang. Telkom juga akan mengadakan penyambungan dari fiber optik Kalimantan untuk Natuna dalam rangka peningkatan bandwitdh melalui radio gelombang mikro digital.

“Total anggaran Rp160 miliar akan dikucurkan untuk wilayah Natuna dari Telkom. Pada Mei nanti akan segera selesai pemasangan radio gelombang mikro dari Kalimantan ke Natuna dan menunggu Palapa Ring Barat selesai. Pada saat itu data pemakaian internet akan banjir,” ucapnya sambil tersenyum.

Muhkni menambahkan, untuk Natuna sudah dalam keadaan baik bandwidthnya. Dalam hal ini akan didukung dari gelombang radio mikro serta pemasangan fiber optic, dan bila tidak bisa juga terjangkau akan menggunakan Visat yang diarahkan langsung ke satelit Telkom 3 S.

“Untuk Natuna bandwidth dari 800 Mbps akan ditambah menjadi 2 Giga, dipastikan akan bisa mencover di wilayah Natuna,” katanya.

Selain itu, rekanan Telkomsel juga akan menambah tower BTS ketika radio gelombang mikro, agar dapat melayani pengguna Telkomsel di Natuna.***

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.