Sensasi Bir yang Terbuat dari Kopi dan Kotoran Gajah

sake_20161009_194529

 

Jakarta (Marwahkepri.com) – Apa jadinya, jika bahan baku pembuatan bir justru berasal dari kotoran gajah?. Pada umumnya,  bahan baku yang digunakan untuk membuat bir adalah malt, yaitu biji barley atau semacam gandum yang dikecambahkan dan dikeringkan untuk kemudian difermentasi.

Baru-baru ini sebuah ide tidak biasa dihasilkan oleh sebuah perusahaan bir yang berada di Kanagawa, Jepang. Perusahaan bir asal jepang bernama Sankt Gallen, berhasil menjual habis bir produksi mereka hanya dalam hitungan beberapa menit ketika pertama kali menjualnya. Uniknya, bir produksi mereka dibuat dengan bahan yang tidak biasa digunakan untuk pembuatan bir, yaitu perpaduan antara kopi dan kotoran gajah.

Seperti proses pembuatan kopi luwak asal Indonesia yang sudah mendunia, maka proses pembuatan bir berbahan kopi dan kotoran gajah ini hampir menyerupainya. Biji kopi yang digunakan sebagai bahan pembuatan bir, telah mengalami proses pencernaan di perut gajah, lalu biji kopi tersebut kemudian diambil kembali untuk diolah.

“Un Kono Kuro” itulah nama minuman bir asal Jepang tersebut, yang merupakan pelesetan dari kata “unko”. Dalam bahasa Jepang, unko sendiri memiliki makna kotoran. Gajah yang digunakan untuk membantu proses pembuatan bir ini menggunakan gajah yang berasal dari Golden Triangle Elephant Foundation Thailand. Setiap 33 kilogram biji kopi yang dimakan oleh gajah, hanya terdapat 1 kilogram biji kopi yang dapat digunakan setelah berbentuk kotoran.

“Setelah menenggaknya hingga tetes terakhir, perlahan-lahan naik dari tenggorokan dan menuju mulut, terdapat kombinasi pahit, manis, serta sensasi segar di kepala saya. Ada aroma yang khas setiap meminum bir ini. Untuk beberapa waktu setelah meminumnya, saya masih bisa merasa seolah-olah tubuh saya diselimuti aroma hangat,” ungkap Mr. Sato, salah satu orang yang telah mencoba bir ini. Mr.Sato juga mengungkapkan, terdapat aroma khas dan perpaduan rasa pahit, manis serta segar dari bir yang berasal dari perpaduan kopi dan kotoran gajah ini.

Jika Anda ingin menikmati sensasi bir yang terbuat dari kopi dan kotoran gajah ini, Sankt Gallen menjual bir Un Kono Kuro dengan harga $ 104. Tertarik mencobanya?(mk/as)