Pemerintah Akan Perkuat Kearsipan Natuna

images (15)
Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti

Natuna (Marwahkepri.com) – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprati mengakui pemerintah masih lemah di sisi pengarsipan daerah. Dengan begitu perlahan tapi pasti pemerintah mulai berbenah untuk menjaga dan memelihara dokumen Natuna.Menurutnya, arsip merupakan kekayaan daerah, perananya penting untuk pembangunan kedepan. Kearsipan sebagai pijakan pemerintah untuk mengambil kebijakan dalam menjalankan pembangunan ke depan.

“Ya kami akui kearsipan daerah masih lemah. Dan kita sadar dokumen -dokumen yang ada harus diselamatkan melalui kearsipan, itu lah jadi pijakan kita ke depan untuk memodel Natuna,” kata Wabup Ngesti di Bukit Arai, Selasa (11/4).

Dikatakannya, ada beberapa hal yang diperlukan untuk menciptakan kearsipan yang handal. Di Natuna, sisi kearsipan belum memiliki perasarana dasar yang spesifik dan memadai sehingga diperlukan pembangunan.

Selain itu, Sumberdaya manusia yang akan mengelola juga memerlukan peningkatan mutu secara spesifik di bidang itu sehingga kearsipan bisa terkelola dengan baik.

“Kearsipan kita belum punya tempat yang representatif dan belum memiliki SDM yang spesifik. Ini yang hendak kita prioritaskan,” sambungnya.

Tindakan selanjutnya, pemerintah akan mulai melakukan pengarsipan. Namun kegiatan ini diakui Wabup Ngesti sebagai upaya yang memerlukan koordinasi dengan berbagai pihak baik secara nasional bahkan internasional.

“Setelah semuanya sudah beres, baru kita buru dokumen Natuna yang diketahui banyak tercecer hingga ke Eropa (Belanda), Malaysia dan negar-negara lainnya,” ungkapnya.

Ia berharap agar masyarakat juga dapat menyadari arti penting dokumen daerah sehingga mereka memiliki inisiatif untuk menyelamatkan dokumen penting daerah yang secara kebetulan berada dalam kekuasaan mereka.

“Dalam upaya ini, pemerintah bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk melakukan pencarian dan sosialisasi dengan masyarakat. Kita ingin mereka juga tahu arti penting dokumen daerah,” tutupnya. (mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email