Batam-Korea Rencanakan Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah

BP batam

Batam (Marwahkepri.com) – BP Batam mengadakan Konferensi Pers dengan tema Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dengan bantuan Pemerintah Korea melalui dana pinjaman (soft loan) di gedung Marketing Centre Selasa, (11/4).

Konferensi Pers ini dibuka oleh Purba Robert M Sianipar, Anggota 4/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya didampingi Iyus Rusmana, Kepala Bidang Pengelolaan Limbah dan Binsar Tambunan, Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah.

Rencananya Batam akan melakukan pembangunan instalasi air limbah dengan bantuan Korea. Pembangunan ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pertumbuhan penduduk di Batam, dimana Batam sebagai kawasan tujuan investasi dan juga pariwisata.

Purba Robert mengatakan Industri Batam yang terus tumbuh setiap tahunnya tentu harus disertai dengan adanya pengelolaan air limbah yang baik, mengingat Batam hanya tergantung dengan air hujan.

“Kita tidak bisa tergantung dengan air hujan saja, namun air limbah juga,” ujarnya.

Limbah domestik yang ada di Batam tidak dikelola dengan baik sehingga menurunkan kualitas waduk.

Pelaksanaan Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah tersebut rencanya selama 30 bulan ke depan dengan target 200 liter per detik untuk tahap pertama. Teknologi yang akan digunakan adalah teknologi future reaction sehingga tidak menimbulkan bau.

Bp batam2

Kim, salah satu perwakilan dari Korea mengatakan proyek ini adalah untuk peningkatan kapasitas, dan dia berharap nantinya pihak-pihak terkait bisa mengoperasikan fasilitas itu sebaik – baiknya. (mk/mun)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.