148 SMA se-Kepri Laksanakan UN Hari Ini, 35 Sekolah Pakai Sistem UNBK

Ilustrasi
Ilustrasi

Marwahkepri.com – Sebanyak 12.482 siswa-siswi SMA/sederajat se Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Ujian Nasional (UN) selama empat hari, yang dimulai hari ini Senin (10/4) hingga Kamis (13/4).

Dalam pelaksanaan UN tingkat SMA ini, para siswa akan diujikan dengan empat pelajaran. Diantaranya, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta satu mata pelajaran sesuai jurusan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Atmadinata mengungkapkan, siswa yang mengikuti UN tersebut berasal dari 148 SMA se-Kepri. Namun, sekolah yang sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) hanya 35 sekolah. Sisanya, masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Dari 148 sekolah, yang menerapkan sistem UNBK sebanyak 35 sekolah saja,” ungkapnya.

Sejumlah persiapan dalam menghadapi UN sudah dilakukan masing-masing sekolah dan Disdik Kepri. Diantaranya, ketersediaan komputer dan server pada sekolah yang menerapkan UNBK. Bahkan, simulasi serta try out juga sudah dilakukan sebanyak tiga kali sebelum ujian dilaksanakan.

“Sejumlah persiapan sudah kita lakukan. Harapan kita, mudah-mudahan para siswa dapat dengan tenang menjawab soal yanb diujikan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Atma, pendistribusian kertas soal bagi sekolah yang masih menerapkan UNKP juga sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Untuk Kabupaten Natuna dan Anambas sudah didistribusikan sejak 23 Maret lalu, Lingga dan Karimun pada 31 Maret. Sementara Kota Batam, Tanjungpinang dan Bintan, karena memiliki jarak tempuh yang relatif dekat, maka pendistribusiannya dilakukan pada 1 April lalu.

“Soal sudah didistribusikan semua, pada hari H panitia masing masing satuan pendidikan yg melaksanakan UNKP mengambil naskah soal UN di Polsek terdekat tempat soal dititipkan,” terang Atma. (mk/as/bt)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.