Jokowi Penuhi Permintaan Anak-anak Perbatasan Yang Meminta Tas

anak

Jakarta (Marwahkepri.com) –  Merespons permintaan peralatan sekolah dari sejumlah anak SD di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, yang diunggah melalui media sosial Youtube, Presiden Joko Widodo pun lantas mengirimkan peralatan sekolah ke lima sekolah dasar negeri (SDN) di perbatasan Kalimantan tersebut.

“Presiden langsung memerintahkan sekretaris pribadinya untuk mengecek kebenaran dari yang ada di medsos,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (7/4).

Johan menyampaikan Jokowi melihat video permintaan peralatan sekolah tersebut pada 5 April lalu. Selanjutnya, sekretaris pribadi Presiden dan tim kepresidenan berangkat ke ibu kota Kalimantan Barat, Pontianak, Kamis (6/4).

Di Pontianak, tim akan berbelanja perlengkapan sekolah antara lain tas, seragam, tempat air minum, buku tulis, pensil, bolpoin, penghapus, penggaris, dan krayon.

Tim yang mengirimkan paket alat sekolah diperkirakan sampai ke Bengkayang Minggu (9/4).

Untuk sampai ke Bengkayang, harus melalui perjalanan darat selama 7 jam dari Pontianak ke Entikong. Setelah itu, dilanjutkan perjalanan dari Entikong menuju Sungkung yang ditempuh dengan menggunakan perahu selama 8 jam. Untuk sampai ke SDN 04 Sungkung, waktu 1 jam perjalanan darat masih dibutuhkan.

“Dengan demikian, paket itu baru bisa sampai dua hari lagi,” jelas Johan.

Paket tersebut akan dibagikan kepada 140 siswa di SDN 04 Sungkung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Selain itu, paket itu juga akan dikirimkan ke sejumlah sekolah lain, yakni SDN 09 Senoleng (151 siswa), SDN 10 Medeng (168 siswa), SDN 11 Senebeh (148 siswa) dan SDN 07 Kaput (35 siswa).

Johan pun menyampaikan alasan Jokowi langsung merespons cepat permintaan sejumlah anak di perbatasan Kalimantan Barat tersebut.

Hal itu dilakukan karena Jokowi fokus membangun perbatasan, tidak hanya berkaitan dengan pendidikan, tetapi juga kesehatan.

“Dalam konteks ini pendidikan,” tambahnya.

Adanya permintaan sejumlah anak sekolah di perbatasan Kalimantan Barat tersebut, kata Johan, juga menjadi catatan Presiden untuk memerintahkan jajaran di bawahnya buat memikirkan apa yang dibutuhkan masyarakat di perbatasan.

“Tentu setelah kejadian ini Presiden akan memberikan arahan juga kepada pembantunya,” tandasnya. (mk/as/mi***)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.